Meluncur di Indonesia Besok, Pilih YouTube Music atau Setia sama Spotify?

Rabu, 06 November 2019 | 11:56
via The Next Web

YouTube Music

HAI-Online.com -Setelah ditunggu-tunggu banyak pihak, Google akhirnya bakal meluncurkan layanan streaming berbasis musik, YouTube Music ke Indonesia pada Kamis (7/11) besok, usai sebelumnya sudah terlebih dahulu dirilis di beberapa negara.

Seperti dilansi HAI dari Kompas Tekno, kepastian ini didapat melalui pernyataan Head of Music Content Partnership, YouTube & Google Play (ANZ & SEA), Ruuben Van Den Heuvel di kantor Google Jakarta pada Selasa (5/11) kemarin.

"YouTube Music meluncur (serentak) di tujuh negara lain, lima di antaranya ada di Asia Tenggara, salah satunya Indonesia," ungkap Ruuben melalui video conference.

Mirip dengan Spotify, pengguna nantinya bisa melakukan streaming musik lewat aplikasi YouTube Music secara gratis dengan diselingi iklan, atau juga bisa membayar biaya langganan jika mereka nggak ingin tergangggu iklan.

Baca Juga: Ada Bom di Lokasi Syuting The Eternals, Angelina Jolie dan Richard Madden Dievakuasi

Untuk biaya langganannya sendiri, Google mematok harga berlangganan YouTube Music Premium sebesar Rp 49 ribu, di mana pengguna nantinya mendapat sejumlah fitur seperti mendengarkan musik tanpa iklan hingga mengunduh lagu supaya dapat diputar tanpa memakai koneksi internet.

via Endgadget

YouTube Music

Berbeda dengan Spotify, YouTube music dilengkapi dengan fitur pencarian ala Google, di mana hal tersebut memungkinkan pengguna mencari konten musik melalui kata kunci apa pun di aplikasi tersebut.

"Kami memakai Google Smart Search untuk menelusuri dan memahami apa yang ingin pengguna cari," terang Brandon Bilinski selaku Product Manager YouTube Music.

Selain mendengarkan musik, YouTube Music juga memungkinkan penggunanya untuk menonton video klip tembang favorit mereka, ditambah dengan fiturVideo Hotlist untuk menelusuri lagu yang tengah viral di internet.

Menariknya, untuk periode pengenalan mulai 7 hingga 26 November nanti, Google menawarkan tiga bulan akses YouTube Music Premium gratis bagi siapa saja yang mengunduh aplikasi YouTube Music di ponsel Android maupun iOS mereka.

Hmm, menarik juga ya sob. Kalau kalian sendiri gimana nih setelah melihat fitur-fitur yang ada, bakal tetap setia sama Spotify atau beralih ke YouTube Music? (*)

Editor : Alvin Bahar

Sumber : Kompas Tekno

Baca Lainnya