5 Hal yang Bisa Dilakukan Milenial untuk Memaknai Hari Sumpah Pemuda

Senin, 28 Oktober 2019 | 14:00
Tribunstyle.com

Sumpah Pemuda

HAI-Online.com - Tepatdi hari ini, seluruh masyarakat Indonesia kembali memperingati Hari Sumpah Pemuda.

Peringatan ini didasarioleh peristiwa di Kongres Pemuda II, pada 28 Oktober 1928 silam. Saat itu, para pemuda berkumpul dan berkomitmen untuk bersatu demi Indonesia. Seperti yang kita tahu, ada tiga hal yang dikrarkan, yaitu bertanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan berbahasa satu bahasa Indonesia.

Nah, biasanya Sumpah Pemuda diperingati dengan cara mengikuti upacara di sekolah, pemerintah, atau instasi lainnya. Tapi selain itu, ada banyak loh kegiatan yang bisa dilakukan, terutama bagi kita kaum milenial yangmempunyai peranan penting sebagai penerus bangsa.

Ini dia 5 hal yang bisa kita lakukan untuk memaknai Hari Sumpah Pemuda:

1. Rajin Belajar & Berpestasi

Para pemuda zaman dulupunya semangat yang tinggi untuk memajukan Indonesia. Hal itu lah yang harus ikut kita tanam di diri masing-masing. Nggak cuma itu, untuk membangun negeri dan bangsa inipastinya dibutuhkan sumder daya manusia yang unggul.

Nah, yang bisa kita lakukan salah satunya adalah dengan rajin belajar dan berprestasi. Berprestasi nggak harus secara akademik kok. Kita juga bisa berprestasi di bidang non-akademik selama itu bernilai positif.

Sebelumnya, kita juga harus mengenailpassionkita dulu nih.Sehingga, nantinya kita bisa berjuang sesuai dengan bidang yang memang dikuasai.

Baca Juga: Tempat-tempat Bersejarah yang Jadi Saksi Lahirnya Sumpah Pemuda

2. Menjungjung Toleransi

Saling menghargai atau tolenrasi jelas menjadi salah satu poin bangsa ini bisa bersatu. Jadi, hal termudah yang bisa kita lakukan untuk memaknai Sumpah Pemuda adalah dengan menghilangkan sifat egois atau selalu merasa paling benar.

Kita harus menyadari bahwa Indonesia berdiri dengan ragam suku, budaya, dan agama yang seharusnya bisa membuat kita lebih terbuka untuk membangun bangsa bersama-sama.

3. Kerja Bakti

Nilai sosial yang bisa diambil dari Hari Sumpah Pemuda salah satunya adalah kerja bakti atau gotong royong. Yap, kegiatan yang satu inipasti udah sering kita dengar. Memang sederhana, tapi hal ini lah yang dulu bisa memperkuat persatuan para pemuda.

Kita bisa gotong royong melakukan hal yang positif bersama teman-teman kita. Bisa dimulai dari hal terkecil dulu misalnya, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah atau ikut kegiatan relawan membantu korban bencana.

4. Mengulas Sejarah & Belajar Budaya

Hal lain yang bisa lakukan untuk memaknai Sumpah Pemuda adalah dengan mengulas kembali sejarah terdahu sambil belajar mengenai berbagai macam budaya Indonesia yang kaya.

Dengan begitu, kita bisa terinspirasi oleh perjuangan para pemuda zaman dulu dan mengikuti perjuangannya.

Baca Juga: Bakar Semangat! 5 Lagu Indie Lokal Ini Cocok Didengerin Pas Sumpah Pemuda

Ada banyak cara untuk kita bisa belajar soal sejarah, apalagi di zaman sekarang. Kita bisabrowsingdi Internet, menonton video-video perjuangan di YouTube, atau lebih baik lagi kalau kita mengunjungi Museum Sumpah Pemuda. Kita juga bisa baca buku-buku seperti buku karya Ayu Lestari berjudul "Menjadi Pemuda Harapan Bangsa" dan "PRISMA: Gerakan Pemuda 1926-2011" oleh Tim Prisma.

5. Menjungjung Bahasa Indonesia

Hari Sumpah Pemuda menjadi peristiwa yang penting bagi lahirnya bahasa Indonesia, yang menjadi bahasa pemersatu bangsa.

Nggak ada salahnya kita jago dalam berbahasa asing seperti Inggris, Jepang atau Korea. Justru,hal itu bagus untuk masa depan. Tapi, jangan sampai kita lupa dengan bahasa kita sendiri.

Oleh karena itu, kita harusmenguasai bahasa Indonesia, berbahasa yang baik dan benar, dan pastinya bangga berbahasa Indonesia.

(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya