Lagi Cemas dan Stress, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Menangkalnya!

Rabu, 25 September 2019 | 16:12
G-images

Lagi Cemas dan Stress, 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Menangkalnya!

Hai-Online.com - Nggak sedikit orang yang pasti pernah mengalami yang namanya rasa cemas dan stres, mulai dari yang sudah berusia tua bahkan remaja.

Stres sendiri bisa muncul karena berbagai macam faktor seperti masalah sosial, hubungan dalam keluarga, masalah keungan, dan juga bisa dipicu oleh penyakit.

Jika dibiarkan, stres bisa menyebabkan respon yang buruk baik secara mental, fisik, ataupun emosional.

Praktisi medis fungsional, William Cole, D.C., IFMCP mengatakan bahwa dirinya melihat banyak orang-orang yang berjuang untuk melawan rasa cemasnya tersebut dengan cara mengonsumsi obat.

Baca Juga: Heboh Mahasiswa Tajir Ikut Aksi Demo Pakai Mobil BMW Sambil Buka Sunroof!

Padahal, ada cara lain yang tentunya lebih sehat untuk mengatasi rasa cemas dan stres. Yaitu, dengan memberlakukan pola makan seimbang yang kaya akan nutrisi.

Cokelat sering disebut-sebut sebagai salah satu makanan penghilang stres. Tapi, ada makanan dan minuman lain yang ternyata juga mampu meredakan gejala kecemasan dan stres.

1.Kunyit

Pixabay

Kunyit bisa bantu meredakan cemas dan stres

Kunyit memiliki antioksidan, kurkumin yang memiliki memiliki manfaat neuroprotektif dan bisa membantu meningkatkan suasana hati. Pada sebuah percobaan, kunyit bahkan terbukti bisa menjadi opsi pengobatan efektif untuk gangguan depresi mayor, yang sering dikaitkan dengan kecemasan.

Secara umum, kunyit sendiri memang sudah dikenal bermanfaat untuk berbagai penyakit sepertimaag, meredakan nyeri, dan ruam kulit.

Baca Juga: Dokter di Jakarta Ini Hanya Patok Rp 10.000 untuk Pengobatan Pasiennya

2. Alpukat

Shutterstock

Alpukat mengandung potasium yang secara alami bisa menurunkan tekanan darah. Nggak cuma itu, alpukat juga mengandung vitamin B dan lemak tak jenuh tunggal yang dibutuhkan untuk neurotransmitter dan kesehatan otak. Sehingga, buah ini sangat bermanfaat untuk mengatasi kecemasan dan kesehatan otak.3.Asparagus

simplyrecipe

Sayuran yang tinggi belerang ini mengandung vitamin B folat yang memiliki manfaat khusus. Kandungan folat rendah sendiri kerap dikaitkan dengan kerusakan neurotransmitter yang bisa berdampak pada kecemasan.

Satu porsi asparagus mengandung hampir 20 persen asupan folat harian serta potasium yang bisa menurunkan tekanan darah.

4. Daun-daunan hijau

fitfabefemale

Daun-daunan hijau seperti bayam, mengandung magnesium yang tinggi. Magnesium sendiri penting untuk menjalankan fungsi reseptor GABA yang tepat.

GABA (gamma aminobutyric adalah sinyal tenang tubuh yang membantu relaksasi dan menurunkan stres. Magnesium juga membantu mengatur sumbu otak adrenal untuk menghilangkan stres.

Baca Juga: Buat Kamu yang Total Mendukung Junjungan, 4 Kegiatan Pasca Pemilu Ini Bisa Obati Stress!

5.Teh kamomil

Shutterstock

Teh kamomil bisa memberikan efek menenangkan. Kekuatan menenangkan teh kamomil tersebut sudah diketahui selama berabad-abad dan ilmu modern kembali menilitinya lagi. Sebuah studi bahkan menyebutkan teh ini bisa menurunkan gejala kecemasan secara signifikan dalam beberapa minggu.(Lubna Shafira/HAI)

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya