Laba-laba di Rumah Sebaiknya Jangan Dibunuh karena Ada Manfaatnya

Jumat, 06 Oktober 2023 | 16:04
Pixabay/Peggychoucair

Laba-laba

HAI-online.com -Laba-laba bagi sebagian orang dianggap sebagai hewan yang menyeramkan atau menjijikkan sehingga membuatnya sering ditakuti.

Saat ketemu hewan berkaki 8 tersebut, nggak jarang orang-orang bakal membunuhnya dengan dipukul atau dengan cairan pembasmi serangga.

Padahal, membunuh laba-laba jenis apa pun sebenarnya bisa memunculkan masalah lain yang mungkin lebih parah di rumah.

Alasannya adalah karena laba-laba yang biasa ditemukan di rumah-rumah adalah bagian penting dari ekosistem alam.

Baca Juga: Heboh Penampakan Laba-laba Jumbo di Australia yang Mampu Melahap Possum

Mereka bahkan membantu membasmi serangga pembawa penyakit seperti kecoak, nyamuk dan lalat, yang mereka jadikan sebagai mangsa.

Laba-laba yang sering ditemukan di rumah-rumah adalah yang berwarna cokelat dan yang berkaki panjang. Jenis itunggak berbahayadan akan memangsa hama penyakit. Justru pada dasarnya, merekamalah membantu membersihkan rumah.

Heart
Heart

Laba-laba cokelat yang biasa ditemukan di rumah.

Faktanya, sebuah studi menyebutkan bahwa predator berkaki delapan tersebut dapat melahap 800 juta ton serangga setiap tahun di seluruh dunia.

Dilansir dariHeartpada Kamis, (19/9/2019), Ahli Biologi, Martin Nyffeler, dari University of Basel di Swiss menjelaskan bahwa laba-laba menjadi musuh alami serangga, seperti halnya semut dan burung.

Baca Juga: Mirip Joker, Spesies Laba-Laba Baru Ini Dikasih Nama yang Terinspirasi Joaquin PhoenixBaca Juga: 5 Kali Lebih Kuat dari Besi, Ini Dia Rahasia Jaring Laba-Laba

Mereka dapat membantu mengurangi kepadatan populasi serangga secara signifikan, sehingga memberikan kontribusi penting untuk menjaga keseimbangan ekologis alam.

Meskipun sebagian besar laba-laba beracun,kebanyakan racun laba-laba terlalu lemah untukdapat berpengaruh pada manusia.

Heart
Heart

Laba-laba berkaki panjang yang biasa ditemukan di rumah.

Gigitan laba-laba sangat langka, terutaman di daerah perumahan. Mereka juga jarang bersikap agresif maupun berbahaya.

Kalau kalian masih tetap takut terhadap laba-laba, kalian bisa membuanglaba-laba sendiri ataulewatbantuan orang dengan cara mengurungnya dengan sebuah botol lalu berikan selembar kertas di bawah supaya tertutup kemudian lepaskan di luar rumah.

Tag :

Editor : optimization

Sumber : Heart, Suar.id

Baca Lainnya