Sering Disalahgunakan, Spotify Minta Data Lokasi Pengguna Paket Family

Senin, 16 September 2019 | 13:15
Hypebeast

Spotify

HAI-online.com -Jika selama ini telah berlangganan Spotify menggunakan paket family, mungkin kini kalian akan kecewa kalau para pengguna lain yang diajak sharing bukanlah benar-benar anggota keluarga.

Spotify baru-baru ini dikabarkan akan melakukan penindakan bagi para pengguna yang menggunakan paket family, tapi nggak tinggal bersama, dengan menanyai lokasi tempat tinggal.

MenurutThe Verge, perusahaan layanan streaming ini telah mengeluarkan syarat dan ketentuan baru untuk membuktikan semua pengguna yang ingin berlangganan paket keluarga benar-benar tinggal bersama.

Nggak cumaitu, secara berkala para pengguna juga akan dimintai bukti lokasi untuk memastikan bahwa mereka benar-benar tinggal bersama dalam jangka waktu yang lama.

Baca Juga: Makin Keren, Gmail di Android Sudah Mulai Kebagian Mode Gelap

Spotify sendirisebelumnya telah mencobamelakukan tindakan serupa terkait paket keluarga,tapidibatalkankarena masalah privasi.

Tahun lalu, Spotify menguji fitur yang meminta pengguna untuk membagikan koordinat GPS mereka,namun kemudian diakhiri setelah kekhawatiran muncul.Sekarang, mereka sedang mengujiide serupa tapi lebih "ramah".

Spotify menjelaskan bahwa paketkeluargahanya untuk "anggota keluarga yang tinggal di alamat yang sama."

Pengguna baru akan diminta untuk mengkonfirmasi lokasi mereka menggunakan Google Maps dan merekamungkin akan dimintaiverifikasi ulangalamat,dariwaktu ke waktu.

Baca Juga: Dulu Tiru Snapchat, Kini Instagram Contek Tik Tok

"Dari waktu ke waktu, kami mungkin akan memverifikasi alamat rumah Anda untuk mengonfirmasi bahwa Anda masih memenuhi syarat (untuk Family Plan)," tulis Spotify dalam ketentuan penggunaan dimaksud.

Jika alamat tidak dikonfirmasi, Spotify bisa menghentikan atau menangguhkan paket tersebut.

Menurut Quartz, sejumlah pelanggan Premium for Family di AS dilaporkan mulai menerima e-mail permintaan verifikasi lokasi dari Spotify.

Di dalamnya ada tombol untuk mengirim data lokasi ke Spotify, disertai ancaman bahwa akun bakal dicabut apabila alamat pengguna tidak diverifikasi.

Baca Juga: Sekumpulan Tips Foto Keren Diambil dari Alat-Alat Sekitar ala Xiaomi

Belum jelas seberapa sering Spotify akan inspeksi mendadak terkait alamat pengguna.

Spotify menawarkan paket Premium for Family di mana satu akun premium bisa dipakai bersama-sama oleh banyak orang dalam satu keluarga. Harga langganannya cuma Rp 79.000 untuk 6 orang, dibanding Rp 49.000 per orang untuk akun premium reguler.

Syaratnya hanyalah keenam orang tadi mesti tinggal di alamat yang sama alias satu atap. Namun, karenanggak ada verifikasi alamat, banyak pengguna dilaporkan menyalahgunakannya dengan cara membagikan akun Premium for Family ke orang lain yang bukan keluarga.

Hal ini lah yang membuat Spotifymulai memverifikasi tempat tinggal dengan meminta data GPS untuk memastikan lokasi para pengguna Premium for Family.

Editor : Al Sobry

Sumber : The Verge, Quartz

Baca Lainnya