Riset Bilang, Nonton Konser Musik Bisa Bikin Bahagia dan Nambah Umur!

Rabu, 28 Agustus 2019 | 16:47

Riset Bilang, Nonton Konser Musik Bisa Bikin bahagia!

HAI-Online.com - Sebuah riset behavioral science (ilmu perilaku) menyimpulkan bahwa pengalaman menikmati konser musik dapat memperpanjang umur.

Riset yang dilakukan oleh O2, perusahaan musik hiburan di Inggris, bersama Patrick Fagan, seorang dosen Ilmu Perilaku dari Goldsmith University, berkesimpulan bahwa mendatangi konser, walaupun hanya dalam durasi 20 menit dapat meningkatkan perasaan bahagia dan bugar sebanyak 21 persen.

Dikutip dari independent, perasaan bahagia dan bugar itu yang bisa menambah umur hidup sepanjang 9 tahun.

Baca Juga: Mengapa Cewek Gemuk Gampang Bikin Happy daripada Cewek Langsing, Riset Ini Jawabannya!

Konser musik, apapun genre-nya, bagaimanapun kemasannya, siapapun artisnya, dimanapun lokasi acaranya, pada umumnya dimaksudkan untuk menghibur pengunjung dan penikmat musik jajaran artis yang dijanjikan oleh promoter untuk tampil.

Sebagai seorang pecinta musik akut yang juga berkarir di salah satu kantor media penyiaran terkemuka di Indonesia sebagai Social Media Content Strategist, Budhi Samsudin, sudah menikmati konser musik baik di dalam negara maupun di luar negeri selama 11 tahun terakhir ini.

Baca Juga: Nekat Nggak Bayar Denda Tilang Elektronik, Ribuan STNK Diblokir Polisi

“Kalau ditanya kenapa sampai seniat itu mengejar konser sampai ke luar negeri, sebetulnya agak sulit untuk diungkapkan. Satu yang pasti, jawabannya adalah kepuasan batin,” akunya mengaku super bahagia jika bisa melihat musisi idola tampil langsung, membawakan lagu-lagu favorit yang selama ini hanya bisa didengarkannya di radio, CD, atau platform musik digital.

“Senang, bahagia, merinding dan haru adalah perasaan yang dirasakan ketika menonton konser Coldplay di Bangkok. Bukan karena saya penggemar garis keras, melainkan karena saking bagusnya konser mereka dari awal sampai akhir,” akunya lagi.

Nah, tentunya untuk mendukung kenyamanan dalam menikmati konser musik, ada beberapa aspek yang cukup penting demi memastikan keselamatan dan kesehatan diri ketika menikmati suguhan penampilan langsung dari idola.

“Luangkan waktu sejenak saat akan pergi ke lokasi acara konser untuk mengetahui akses keluar masuk penonton, supaya ketika dalam keadaan darurat atau mendesak, kita sudah tahu jalan mana yang harus kita ambil,” ujar Budhi mengingatkan keselamatan diri itu penting.

Yang juga paling penting dan mestinya harus diperhatikan ketika akan menonton konser adalah kondisi badan pengunjung konser pastinya harus bugar.

Kejadian tidak mengenakan pernah dialami oleh teman Budhi, yang tiba-tiba jatuh pingsan karena berdesakan saat sedang menonton konser musik idolanya.

Pencarian bantuan tim medis di lapangan tidak mudah bila dalam kondisi yang panik, serta biasanya bantuan pertolongan pertama yang diberikan pun minim. Sehingga, teman Budhi akhirnya dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Permasalahan belum berakhir, karena setelah sakit mereda saat dirawat di rumah sakit, teman Budhi masih harus mengurus administrasi rumah sakit yang mahal dan memakan waktu. Akhirnya, teman Budhi pun gagal menonton idola musiknya.

Ini semua karena tidak siap dengan asuransi proteksi diri dan tim medis di lapangan yang kurang sigap saat konser berlangsung.

Mengingat hal tersebut dan kejadian-kejadian lain yang tidak kita inginkan terjadi pada saat menonton konser, sudah saatnya sadar akan pentingnya memilki asuransi Personal Accident dan menjadi hal yang lumrah untuk masuk dalam check list bagi penikmat konser sejati.

Baca Juga: The Used Bakal Manggung di Hodgepodge 2019, Ini Line Up Fase Keduanya!

Sebaiknya semua dipastikan sebelum mendatangi konser. Untungnya, saat ini sudah banyak sekali konser musik yang turut menyediakan asuransi karena promotor menyadari pentingnya kepemilikan proteksi diri ketika sembari menikmati musik secara langsung.

“Ada baiknya setelah beli tiket konser musik dan keperluan logistik, untuk segera membeli paket asuransi personal accident dan membiasakan diri untuk memprioritaskan asuransi agar kita dapat menikmati konser musik dengan lebih nyaman,” saran Budhi lagi.

Salah satu event konser yag siap digelar adalah Hodgepodge Fest 2019. DIkabarkanbahwa event ini mendukung adanya proteksi diri para penontonnya.

Arena aman dari Avrist di Hodgepodge

Untuk itu, Ernest Febrianto selaku Head of Corporate Marketing Communications, PT Avrist Assurance mengaku kerjasama ini bakal mendatangkan manfaat bagi banyak pihak.

“Kami bangga menjadi mitra utama penyedia asuransi bagi beberapa konser atau festival musik akbar tanah air, salah satunya kali ini dengan Hodgepodge Superfest 2019 (31 Agustus - 1 September 2019). Tujuannya adalah agar kami dapat bantu angkat beban khawatir dari pundak para pencinta musik konser,” ujarnya.

Nggak cuma memberikan asuransi, Avrist Assurance sigap menyediakan fasilitas kesehatan terpadu di titik-titik strategis dalam kawasan konser, seperti tim medis, dokter jaga, dan tenaga kerja kesehatan ahli, guna melayani kebutuhan medis seluruh pihak selama acara berlangsung.

Di dalam kawasan acara Hodgepodge Superfest, Avrist Assurance mengajak pegunjung untuk menikmati 4 experiential booth yang menggambarkan pentingnya memiliki proteksi, dimana pengunjung dapat berswafoto di setiap booth untuk kemudian dinaikkan ke akun media sosialnya, dengan tujuan akhir memperoleh Concert Survival Kit serta hadiah seru lainnya.

“Ini merupakan salah satu upaya Avrist Assurance untuk menjangkau massa yang lebih luas akan pentingya memiliki proteksi diri saat tengah menikmat hobi, baik itu musik, olah raga ataupun berwisata. Perlindungan yang kami berikan pada acara Hodgepodge Superfest tidak hanya bagi penikmat konser, namun juga melindungi seluruh kru, artis dan pekerja acara, sehingga menjadikan Hodgepodge Superfest sebagai festival konser musik aman dan nyaman bagi penikmat musik di Indonesia,” tutup Ernest. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya