Maudy Ayunda Punya Cara Buat Belajar Efektif, yaitu Selalu Cari Kesalahan

Minggu, 04 Agustus 2019 | 12:24
Instagram/maudyayunda

Maudy Ayunda

HAI-online.com -Maudy Ayunda selain dikenal berbakat dalam dunia musik dan akting, ia juga dikenal sebagai seorang publik figur yang cerdas.

Setelah menyelesaikan S1 di Universitas Oxford sekitar tiga atau empat tahun lalu, kini ia bersiap melanjukan pendidikan ke jenjang S2 di Universitas Stanford, AS, melepas tawaran Universitas Harvard yang juga menerimanya.

Maudy Ayunda ternyata punya cara tersendiri dalam belajar yang membuatnya jadi seperti sekarang.Salah satu kuncibelajar efektifmenurut Maudy adalah fokus pada kekurangan.

"Aku selalu mencari kelemahan, kekurangan aku dalam belajar dan justru itu menurut aku paling efektif," ujar Maudy dalam video terbaru di akun Vlivemiliknya.

Baca Juga: Viral Crazy Rich Surabaya Rayakan Ulang Tahun Ke-17 di 3 Negara, Dikabarkan Undang Jonas Brother Pada Puncak Pesta

Maudy menjelaskan, setiap kali mempelajari sesuatu, misalnya membaca buku, ia selalu melakukan scanningatau membaca cepat terlebih dahulu.

Tiap menemukan bagian yang nggak ia pahami, Maudy menandainya kemudian lanjut lagi membaca.

Setelah selesai, iamembaca ulang buku tadi,tapi cuma pada bagian yangnggak ia pahami.

"Aku fokus pada bagian yang aku belum ngerti. Kita tahulah ada bagian bagian yang dengan mudah kita ngerti, ada bagian yang kita kayak 'gue belum ngerti nih sepenuhnya'," katanya.

Baca Juga: Dari Makan Kulit Jeruk Hingga Luka Lebam, Keluarga Ungkap Kejanggalan dalam Kasus Meninggalnya Paskibraka Tangsel

"Nah, itu biasanya aku highlight dalam proses aku baca dan di akhir proses itu aku ulang dan benar-benar fokus di bagian yang belum aku mengerti. Aku enggak terlalu ngulang di bagian yang sudah aku mengerti," tambahnya.

Maudy memberi contoh, ketika mendapat tugas atau pekerjaan rumah yang sudah diberi nilai, ia akan mengeceknya kembali.

Terutama pada bagian yang dinilai salah, Maudy mencoba mencari tahu jawaban yang benar, sehingga ia menjadi lebih mengerti.

"Dimulai dari kesalahan. Jadi kita ngeliat PR, kita lihat kesalahannya di mana. Itu yang aku latih terus di rumah sampai akhirnya ngerti. Itu secara umum proses belajar aku filosofinya kayak begitu," ucapnya.

Baca Juga: Ramai Gerakan Blokir Akun Twitter Atta Halilintar, Ini Kata Psikolog

"Makanya mungkin jadinya aku tuh cukup cocok belajar sendiri tipenya. Karena kan orang beda-beda ya. Kalau aku langsung pengin fokus aja ke kelemahan aku aja (untuk diperbaiki)," sambung Maudy.

Boleh dipraktekin nih sob cara belajarnya Maudy!

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya