Cari Bukti Alien Ada, 1,4 Juta Orang Berniat Serbu Pangkalan Rahasia Area 51

Rabu, 17 Juli 2019 | 20:05
Fox News

Papan larangan di Area 51

HAI-online.com -Sebuah undangan event di Facebook belakangan jadi perbincangan lalu menimbulkan kontroversi.

Pasalnya, event tersebut berisi ajakan kepada orang-orang untuk menyerbu Area 51, pangkalan rahasia Amerika Serikatdemi membuktikan adanya alien.

Si pembuat event sebenarnya sudah menyatakan bahwahal itu hanyalelucon. Namun, pengakuan itunggak menyurutkankeinginan orang-orang yang telah mengetahuinya sejak diunggah pada awal Juli ini.

Melihat hal ini, Angkatan Udara AS telah memberikan peringatan dengan merilis peringatan resmi kepada lebih dari1,4 juta orangyang telah menandai ajakan tersebut dan berniat untuk menyerbu Area 51.

Baca Juga: Alasan Garuda Indonesia Keluarkan Larangan untuk Nggak Ambil Foto dan Video dalam Pesawat

Dalam pernyataan kepada The Washington Post, juru bicara AU AS menyebut mereka sudah mengetahui adanya unggahan itu, dan meminta siapa puntakmencoba untuk datang.

"Area 51 adalah kawasan latihan terbuka untuk melatih pasukan AS. AU selalu siap untuk melindungi warga Amerika serta asetnya," tegas juru bicara itu.

Kerahasiaan besar menaungi Area 51, dengan pangkalan tersebutnggak pernah dibuka untuk umum, dan selalu mendapat penjagaan selama 24 jam penuh.

Pangkalan militer yang berlokasi sekitar 241 kilometer dari Las Vegas itu awalnya digunakan sebagai lahan uji coba pesawat mata-mata U2 pada 1950-an.

Baca Juga: Usai Garuda, Kini Giliran Grab Indonesia Bikin 'Aturan' Pendokumentasian Saat Naik Grab

Facebook

Event ajakan serbu pangkalan rahasia Area 51 di Facebook

Program uji coba itu selesai dengan U2 beroperasi pada 1956. Namun, teori konspirasi berpendapat Area 51 juga digunakan untuk menyelidiki obyek terbang tak dikenal (UFO) yang jatuh.

Peter Merlin, sejarawan antariksa yang menulis secara khusus tentang Area 51 menyebut fasilitas itu secara rahasia menginvestigasi pesawat serta sistem senjata.

Kepada NBC News, dia menuturkan rencana "menyerbu" Area 51 pada 20 September mendatang hanya akan berakhir di padang gurun dari pada tembakan peringatan tentara AS.

Meski sudah mendapat peringatan, jumlah peminat acara itu terus meningkat, dan membuat si pencipta acara yang bernama Jackson Barnes harus mengunggah pernyataan.

Baca Juga: Viral Vlogger Merekam Wajah Pelaku Pencurian Saat Sedang Nge-Vlog

Laman itu berbunyi 'Storm Area 51: They Can't Stop All Of Us'. Disebutkan di laman itu mereka bakal berkoordinasi tentang cara masuknya. "Kita akan melihat alien," ujar laman tersebut.

Barnes kemudian menulis bahwa dianggak berencana untuk melanjutkan lelucon itu setelah viral. "Aku tidak bertanggung jawab jika ada orang yang benar-benar menyerbu Area 51," katanya.

Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Pangkalan Rahasia Area 51 Bakal Diserbu untuk Lihat Alien, Ini Peringatan AU AS."

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com, The Washington Post

Baca Lainnya