Jangan Asal Beli, Lo Harus Tau Perbedaan Papan-papan Skateboard!

Sabtu, 22 Juni 2019 | 19:00
Ladera Skateboards

Vert skateboard

HAI-online.com -Main skate bagi yang belum pernah nyoba memang terlihat keren dan mengasyikan. Namun, kalau kalian baru mau nyobain olahraga ini, kalian harus tau dasar-dasarnya terlebih dulu, seperti jenis-jenis papan yang digunakan.

Sebab, ada cukup banyak jenis papan skateboard yang desainnya cukup mirip, tapi sebenarnya memiliki perbedaan yang disesuaikan dengan gaya permainannya.

Apa saja itu? Simak nih 9 jenis skateboard yang dihimpun HAI dari Ladera Skateboards:

Baca Juga: Sejarah Go Skateboarding Day: Misi Agar Skateboarding Diterima Dunia

1. Freestyle skateboard

Ladera Skateboards

Freestyle skateboard

Kalau tertarik untuk mencoba main skate, makan yang pertama harus dicoba adalah freestyle skateboard.

Freestyle skateboardmengacu pada gaya skate yang menggunakan trik dan gerakan kaki yang dilakukan pada bidang yang rata.

Jika ingin mencobanya, maka perlu memilihpapan yang ukurannya nyaman.Jikaingin fokus main flip,maka pilih papan yang lebihramping dan lebih pendek.Tapi kalauingin fokus pada gerak kaki, maka yang terbaik adalah papan yang lebar dan panjang.

Perhatikan juga bahwa meskipun papan kecil mudah dikendalikan, papan tersebut juganggak stabil.Sedangkan papan besar,cukup stabiltetapi cukup sulit untuk dikendalikan.

Baca Juga: Satria Vijie Berharap Ada Organisasi untuk Skateboard Seperti PSSI

2. Slalom skateboard

Aria Pramesi

Slalom skateboard

Slalom skateboard merupakan perlombaan balap skateboard yang dilakukan pada suatu lintasan yang dilengkapi dengan cone-cone kecil sebagai rintangan.

Kebanyakan papan skate slalom didesain untuk menambak kecepatan, traksi dan belokan. Papan slalom biasanya lebih panjang dengan foam dan serat karbon untuk membuatnya lebih kuat dan responsif. Rodanya juga dibuat lebih besar dan halus daripada roda pada umumnya.

3. Downhill skateboard

Ladera Skateboards

Downhil skateboard

Downhill skateboard adalah olahraga skate dengan level yang lebih tinggi di mana permainannya berhubungan dengan kecepatan tinggi.

Keselamatan pun sangat diutamakan dalam olahraga ini di mana pemainnya harus menggunakan pelindung siku, lutut, sarung tangan dan helm.

Papanyang digunakan biasanya kakudankebanyakanmemiliki wheelbase 29sampai 32 inci.Papan juga harus dilengkapi dengan beberapa bentuk cekung untuk mencegah kaki tergelincir terlalu jauh ke belakang atau ke depan.

Baca Juga: Sanggoe Dharma Ngasih 5 Tips Buat Lo yang Mau Mulai Main Skateboard

4. Vert skateboard

Ladera Skateboards

Vert skateboard

Vert skateboard adalah olahraga skate yang dilakukan pada bidang vertikal seperti ramp dan kebanyakan triknya dilakukan saat berada di udara.

Pemainnya paling nggak harus menguasai dasar-dasar dalam bermain skate. Sedangkan papan yang digunakan adalah jenis papan yang lebar dengan ukuran roda sekitar 55mm.

Kedua syarat tersebut penting dalam vert skateboard untuk memberikan stabilitas yang lebih baik.

5. Street skateboard

Ladera Skateboards

Street skateboard

Street skateboardbiasanya lebih fokus pada transisi dan trik yang sering dilakukan di tempat-tempat umum.

Street skateboard menggunakanpapan yang lebihramping dari papan pada umumnya, dengan roda yang berukura 48 sampai 55 mm. Dengan begitu, pemainnya bisa lebih mudah untuk memutar papan dan melakukan trik nyaman.

Papanstreet skateboard mirip dengan freestyle board, namun lebih ramping dan bentuknya lebih simetris.

6. Park skateboard

Ladera Skateboards

Park skateboard

Park skateboard adalah salah satu yang paling sering digunakan. Biasanya dipakai untuk melakukan trik-trik di obstacle yang ada di skate park, seperti rail, tangga dan rintangan lain yang ada di taman.

Papan skate yang digunakan biasanya adalah yang berukuran panjang 29 sampai 32 inci, danroda yang digunakan berukuran 51 sampai 55 mm.

Dengan roda yang lebih kecil, pemainnya bisa melakukan trik dengan lebih cepat sekaligus memberikan kecepatan yang baik saat meluncur.

Baca Juga: 3 Fakta Go Skateboarding Day, Selamat Hari Anak Skate Sedunia!

7. Pool skateboard

Ladera Skateboards

Pool skateboard

Seperti namanya olahraga skateboard ini dilakukan di dalam pool alias kolam atau bowl. Papan skate yang cocok digunakan untuk ini adalah yang lebarnya 8,5 inci dan yang memiliki jarak sumbu roda sekitar 15 hingga 18 inci.

Penting untuk menggunakan skateboard yang lebar karena meningkatkan stabilitas dan kontrol supaya riding aman.

8. Cruising skateboard

Ladera Skateboards

Cruising skateboard

Cruising skateboard biasanya digunakan untuk meluncur santai di sekitaran taman, area perkotaan, dan tempat-tempat landai, tanpa perlu melakukan banyak trik sulit.

Ini adalah gaya skateboardyang dipadukan dengan longboard. Papan yang digunakan biasanya lebih lebar dan menggunakan roda yang terbuat dari karet.

Baca Juga: 3 Tips Memilih Sneakers yang Tepat untuk Main Skateboard, Jangan Salah Pilih!

9. Off-road skateboard

Ladera Skateboards

Off-road skateboard

Skateboard nggak cuma bisa dilakuin di jalanan yang rata, tapi bisa juga dilakuin di medan yang kasar alias off-road.

Papan skateboard ini menggunakan papan yang umumnya digunakan untuk skate, tapi bagian rodanya diganti dengan roda karet yang lebih besar dan cocok dengan off-road.

Skateboard off-road modern juga dilengkapi dengan rem yang dikendalikan dengan remot kontrol, sehingga membuat penggunanya lebih aman.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya