Biar Nggak Kena 'Tembak Harga' Pas Lebaran, Nih 4 TriK Menghindari Tempat Makan Begituan

Jumat, 07 Juni 2019 | 13:15
Tribun Jateng/Akhtur Gumilang

Warung lesehan Bu Anny yang viral karena harganya yang mahal

HAI-online.com -Beberapa waktu lalu, sebuah warung makan lesehan di Tegal viral sejakpemberitaan mengenai pembeli yang harus membayar Rp 700 ribu makanan seafood yang dipesan untuk porsi dua orang.

Banyak netizen kemudian berkomentarbahwa harga makanan yang dipatok terlampau tinggi.Ada pulayang menganggapkalau pemilik warung sengaja “memukul” pembeli dengan harga itu.

Pada momen hari raya seperti ini para penjualmemang biasa melakukan "tembak harga" pada barang jualan mereka dengan cukup tinggi.Salah satu alasannya bisa karena tingginya harga bahan makanan di pasar.

Hal ini tentu harus menjadi perhatian bagi kalianyang mudik ke kampung halaman, sehingga kisah viral pembeli tersebut nggak terjadi pada kalian.

Baca Juga: Viral Warung Lesehan Bu Anny di Tegal yang Patok Harga Rp 700 Ribu, Kata Pemilik: 'Ada Rupa Ada Harga'

Berikut ini 4 tips membeli makanan di warung supaya nggak kena 'tembak harga' dari si penjual:

1. Pilih warung makan yang menyediakan daftar harga makanan

Tips pertama dimulai dengan memilih warung yang menyediakan daftar harga makanan.

Jika daftar menu lengkap dengan harganya, maka bisa diperkirakan biaya yang harus dikeluarkan. Kamu pun bisa terhindar dari harga yang mengejutkan karena total biaya sudah dihitung terlebih dahulu.Biasanya selain dipajang di dinding, daftar menu makanan disimpan oleh penjual. Mintalah daftar harga makanan kepada penjual sebelum memesan.

Baca Juga: Termahal di Dunia, Sampah dari Patung Ini Punya Nilai Hingga Rp 14 Miliar

2. Tanyakan harga sebelum memesan

Jikanggak ada daftar harga makanan,nggak perlu terburu-buru untuk berprasangka buruk lalu mencari warung makan lainnya. Bisa saja penjual memangnggak menyediakan harga makanan karena suatu alasan tertentu.Kamu bisa menanyakan harga makanan terlebih dahulu kepada penjual sebelum melakukan pemesanan. Catat harga makanan yang disampaikan oleh penjual agar tau total harga yang harus dibayarkan nantinya.

Dengan bertanya, kamu bisa memilih menu dengan harga yang sesuai dengan kantong. Jika satu menu dirasa terlalu mahal, pilih menu yang lebih murah.

3. Pilih warung makan berdasarkan rekomendasi

Jika ingin mampir makan saat perjalanan mudik, lebih baik jika kamu mencari tahu seputar warung makan sepanjang rute perjalanan. Kini informasi seputar warung makan, mulai menu makanan sampai harga telah tersedia di internet.

Baca Juga: Egg Boy Serahkan Rp 1,4 Miliar Hasil Donasi 'Beli Telur' untuk Korban Teror Masjid di Christchurch

Ada banyak rekomendasi dari orang-orang yang sudah pernah bersantap di berbagai tempatsebelumnya. Hal itu bisa digunakan untuk bahan pertimbangan dalam memilih tempat bersantap.

Dengan mencari tahu terlebih dahulu, kamunggak perlu khawatir akan harga yang terlampau mahal. Hal inijuga akan lebih efektif karena kamunggak perlu mencari-cari tempat makan yang membuang waktu.

4. Jika terlalu mahal, jangan ragu untuk pindah

Sesuaikan harga dengan kemampuan finansial. Jika daftar menu atau informasi harga yang disampaikan penjual dianggap terlalu mahal, maka berpindah ke warung makan lain merupakan pilihan terbaik.

Memang ada cara lain, yakni memesan menu dengan harga paling murah plus minum sederhana seperti air putih. Namun jika harga masih dianggap terlalu tinggi, mau gimana lagi?

Baca Juga: Alami Gangguan Kesehatan, Satu-satunya Badak Sumatera Jantan di Malaysia Mati

Jika memutuskan untuk berpindah lokasi, hendaknya sampaikan permohonan maaf dan berpamitanlah dengan sopan kepada penjual. Bagi kamu yang mudik dengan uang pas-pasan, jangan malu untuk menyampaikan jika kondisimu memang demikian.Artikel ini telah tayang diKompas.comdengan judul "Viral! Makan Bayar Rp 700 Ribu di Warung, Ini 4 Cara Menghindarinya."

Editor : Al Sobry

Sumber : Kompas.com

Baca Lainnya