LifeHack, Wajib Tahu Ini 13 Trik Biar Nonton Netflix Makin Asik!

Rabu, 27 Maret 2019 | 09:25
Motherboard/Michael Fortsch

HAI-Online.com - Aplikasi streaming film hari gini makin populer aja, sob. Salah satunya yang jadi favorit kita bersama pastinya Netflix.

Dengan adanya ribuan film dan series di arsipnya, bikinkitamakin sering deh leyeh-leyeh di kamar sambil binge watching.

Sayangnya, Netflix tuh seringkali nyebelin. Ada beberapa aspek yang kurang nyaman buat kita pake. Misalnya, sistem rating di Netflix yang cuman nunjukin jempol ke bawah atau atas doang.

Selain itu, pilihan opsi dan setting juga terbatas. HAI sih sering kesel ya pas lagi mau nyari film-film aneh tapi kok susah banget keluar dari format suggestions.

Baca Juga : Cocok Buat Binge Watching, Nih Daftar Anime yang Bakal Tayang di Netflix

Nah, buat ngakalin ini, HAI udah kurasi buat lo, 13 trik yang bisa lo lakuin untuk bikin pengalaman nonton Netflix lo lebih asik.

Nikmatin Netflix buat yang lagi LDR

Screenshot: Rabbit

Pacar lo lagi kuliah di luar kota? Itu bukan lagi alesan buat lo dan dia nggak bisa nonton serial maraton bareng. Lo bisa pake aplikasi Showgoers. Ini adalah ekstensi browser Google Chrome yang bakalan ngasih kode buat ngundang pasangan lo untuk nonton film yang sama.

Dengan fitur ini, lo dan dia sama-sama bisa nge-pause, nge-rewind, atau nge-fast forward tayangan yang sama. Dan lo nggak cuman bisa nonton berdua pacar aja, bareng temen-temen lo juga bisa!

Buat fitur ngobrol selama film diputer, lo bisa pake layanan video-chat Rabbit. Itu ekstensi Chrome juga.

Dengan hanya satu kali klik, lo bisa ngobrol sama maksimal 15 orang, baik secara publik atau anonim. Asiknya lagi, lo disediakan jendela chat untuk ngobrol selama Netflix-an bareng.

Baca Juga : Kolaborasi Honne dan RM Personel BTS bakal Rilis Sebentar Lagi

Nonton Netflix sambil nugas? Bisa!

Kolase

Ngaku deh, di antara lo semua pasti ada kan yang suka nyambi nonton Rick & Morty pas lagi nugas? Hehehe, tenang aja bro, sekarang lo bisa melakukan multitasking itu dengan lebih enak lagi.

Sekarang ada Helium, browser untuk MacOS yang bisa bikin tampilan Netflix lo selalu muncul paling depan di monitor. Nggak ada lagi deh cerita jendela browser lo ilang pas lo lagi ngetik di Microsoft Word.

Streaming lancar walau wifi lo butut

Wifi kosan lo jelek banget? Atau pas lagi nugas di cafe dengan wifi gratisan, kok pengen nonton The Umbrella Academy ya? Dengan trik ini lo bisa ngakalin lemotnya internet. Syaratnya, lo suka ngulik dan nggak takut salah.

Lo bisa ngulik settingan Netflix lewat semacam manager streaming tersembunyi. Lo cuman perlu memasukan kombinasi kunci di bawah ini ketika streaming:

PC/MAC: shift, ctrl, alt kanan + S

Dengan shortcut ini, lo bisa ngatur bandwidth yang digunakan untuk sebuah video. Lo juga bisa ngatur bit-rate trac audio. CDN atau Content Delivery Network yang dimiliki menu rahasia ini bikin kegiatan nonton lo nggak akan keganggu dengan lemotnya internet.

Baca Juga : Hacker Pakistan Jual Jutaan Akun di Bukalapak dan Youthmanual dengan Harga Tinggi?

Ngilangin pertanyaan ngeselin dari Netflix

Lo pasti pernah deh ngalamin ini. Pas lagi binge watching Star Trek: Discovery, Netflix seneng banget nanya "Are you still watching?". Ya masa masih nanya? Pasti masih nonton, lah!

Nah, lo bisa matiin pertanyaan ini dengan ekstensi Flix Assist di Chrome. Cukup reload Netflix, terus udah deh pertanyaan konyol ini nggak bakal muncul lagi.

Dapetin review yang beneran ngebantu

Sistem rating Netflix emang ngehe banget, sob. Cuman berupa thumbs-down dan thumbs-up doang, tapi kan kita pengen dapet insight yang bagus sebelum menentukan mau nonton film ini atau nggak.

Buat ngakalin ini, ada nih ekstensi browser bernama Rateflix di Chrome. Rateflix ini bisa menyisipkan database IMDb ke deskripsi dan playbar Netflix. Nggak cuman itu aja, pas lo nonton film, rating Rotten Tomatoes juga tersedia.

Kode ajaib buat membuka ribuan film tersembunyi di Netflix

Netflix

Lagi-lagi sistem yang ngehe nih, sob. Kali ini kategori genre yang terlalu kecil bikin kita susah buat eksplor ribuan film yang punya sub genre detail. Buat ngakalin ini, lo bisa pake kode spesifik. Misalnya kode 12443 di url, lo bisa ngebuka semua film bertema tinju. Dengan kode 10398 lo bisa buka semua film Jepang, dan dengan kode 947 lu bisa nonton semua film monster.

Mau coba? Gampang kok, lo cukum masukin kode subgenre ke url kayak gini:

netflix.com/browse/genre/MASUKKAN-KODENYA-DISINI

Untuk ngecek kode yang mau lo pake, lo bisa akses daftar kodenyadi siniyang bakalan terus-terusan update. Kalau lo males pake kode, lo juga bisa install ekstensi Enhancer for Netflix di Chrome yang bakal memperluas list genre di interface Netflix lo.

Tetep update soal film dan serial baru di Netflix

Netflix termasuk yang sering banget nambahin konten baru ke dalam arsip mereka. Sayangnya, gara-gara sistem suggestions yang sempit, seringkali kita kurang update nih. Untungnya, layanan kayak JustWatch, VodSpy, dan situsWhat's New on Netflix bakalan jadi penyelamat kita. Dengan ikhtisar yang bagus dan terorganisir sesuai tanggal, situs-situs ini punya katalog tentang apa aja hal yang baru di Netflix.

Bikin subtitle enak dibaca

Sering deh file subtitle untuk konten yang lagi lo tonton munculnya nggak banget. Entah teksnya kekecilan, atau ketipisan jadi nggak kebaca. Buat benerin ini gampang kok. Lo bisa buka halaman Subtitle Appearance, di mana lo bisa ngatur ukuran dan warna tulisan. Selain itu, lo juga bisa ngatur apakah garis teks bisa memiliki bayangan atau transparan.

Pengen kepoin orang yang nonton film yang sama kayak lo?

Di Darknet, selalu aja ada orang yang bisa nemu rincian akses ke akun lo. HAI pernah ngalamin, lho. Tiba-tiba ID lo yang terdaftar di terlalu banyak gawai, atau series yang muncul di recently watched padahal lo belom pernah nonton itu. Dan yang ekstrem, akun lo dicolong orang dan lo nggak bisa ngakses lagi!

Buat nyari tahu apakah lo sedang ngalamin ini, lo bisa memastikan dengan langkah ini. Pilih "Account" di menu, terus klik "Viewing activity". Di sini, lo bisa nemuin daftar lengkap dari semua yang pernah lo tonton. Terus di sisi lain, di bawah "Recent account access", lo bisa lihat entri yang nggak lo kenalin, terus mending ganti deh password lo kalo emang ada akses yang nggak lo kenali.

Film yang lo pengen belom ada di Netflix?

Netflix belom selengkap itu, sob. Untuk tetep dapetin film favorit lo biar bisa tayang di Netflix, bisa nih lo ngirim permintaan ke Netflix. Kasih tahu Netflix lewat permintaan dan saran diTitle Requestini. Katanya sih permintaan kita bakalan dipertimbangkan dengan serius.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Gitar Listrik Oke yang Harganya Di Bawah Rp 3,5 Juta!

Bikin lebih dari 1 akun

Seperti yang lo tahu, sistem algoritma Netflix ngebikin suggestions yang disesuaikan dengan kesukaan si pengguna. Sayangnya sistem ini ngeselin banget kalau lo lagi pengen eksplor tontonan yang aneh-aneh. Ribet!

Buat ngakalinnya, lo bisa bikin lebih dari 1 akun. Tiap akun punya preferensi yang berbeda. Bikin lo tinggal milih aja sesuai dengan suasana hati lo. Ini wajib banget, apalagi kalau lo punya Netflix yang sharing sama banyak orang.

Shortcut keyboard yang bikin makin asik pas pake Netflix

Kayak layanan streaming lain, Netflix juga punya shortcut, kok. Sayangnya nggak semua orang tahu. Nah ini dia shortcut yang bisa lo pake, biar pas nonton Netflix makin asik:

  • Space/Enter key - Playback and pause
  • UP – Playback
  • DOWN – Pause
  • F - Fullscreen
  • Esc - Exit fullscreen
  • Shift + Panah KIRI - Rewind
  • Shift +Panah KANAN - Fast forward
  • Panah Atas - Increase volume
  • Panah bawah - Lower volume
  • M -Mute toggle
Nah, itu dia 13 tips dan trik yang bisa lo pake pas nonton Netflix. HAI jamin deh pengalaman nonton Netflix lo bakal lebih mudah dan asik. Selamat mencoba! (*)

Editor : Al Sobry

Sumber : vice.com

Baca Lainnya