Nggak Susah, Ini 4 Tips Bikin Video Akustikan untuk Upload di YouTube

Rabu, 13 Maret 2019 | 13:30
Pexels

Ilustrasi rekaman di rumah

HAI-ONLINE.COM - Saat ini, YouTube menjadi platform teramai dan terlaku di kalangan anak muda. Apalagi buat mereka yang ingin mendengarkan lagu-lagu favorit.

Nggak hanya mendengarkan lagu favorit versi artisnya aja, tapi juga banyak yang mencari versi-versi akustikan dari lagu idola mereka.

Nggak heran, banyak orang yang mencoba untuk menyanyikan lagu populer dan dijadikan dalam versi akustikan.

Baca Juga : Belum Juga Semusim, Cristiano Ronaldo Sebut Serie A sebagai Liga Tersulit. Karena Udah Tua Aja Kali....

Nggak hanya cover, banyak juga, kok, musisi-musisi yang menyanyikan lagunya dalam bentuk akustik dan diunggah ke YouTube.

Pasalnya, suasana akustikan membuat semuanya terasa intim. Seakan-akan, kamu terasa seperti langsung dinyanyikan oleh sang biduan!

Nah, buat kamu yang ingin membuat video akustikan, HAI punya tips-tips keren buat kamu. Yuk kita simak di bawah ini:

1. Jangan Cuma Mengandalkan Mikrofon Kamera

Kebanyakan kasus, mikrofon kamera dijadikan sebagai alat perekam utama dalam membuat video akustikan. Sebenarnya sah-sah saja, namun, kalau kamu bisa mendapatkan yang lebih baik, kenapa nggak?

Salah satu alat perekam yang baik dan harganya terjangkau adalah ZOOM. Jadi, ketika kamu merekam permainan akustik kamu, nyalakan juga alat perekamnya. Kalau sudah selesai, kamu tinggal menyambungkan video dan audionya.

Hal ini jauh lebih baik ketimbang kamu merekamnya dengan mikrofon handphone, kecuali kalau kamu berada di dalam ruangan yang memiliki gema dan kesepian yang baik. Mungkin, kamu bisa mencoba dengan mikrofon handphone saja.

Baca Juga : Cowok Nggak Perlu Genit-Genit Amat, 3 Hal Ini Masih Ampuh Bikin Cewek Auto Mendekat!

2. Ajak Videografer

Buat kamu yang nggak ingin videonya membosankan, seenggaknya kamu harus minta tolong teman yang bisa memvideokan permainan akustik kamu. Hal ini dilakukan guna video kamu nggak diam alias still aja, tapi lebih atraktif karena bisa dilihat dari beberapa angle.

3. Cari Tempat yang Keren

Selain sound, atau audio, tempat yang keren juga bisa membuat video kamu jadi terlihat keren dan nggak membosankan. Kalau kamu memutuskan untuk syuting di luar rumah, pastikan kamu punya alat perekam yang mumpuni, seperti ZOOM misalnya. Jadi, suara yang ada di sekeliling kamu, nggak akan mengganggu suara atau petikan gitar kamu.

Kalau kamu rekaman dan syuting di dalam ruangan, usahakan ruangan itu sepi dan nggak ada polusi suara, ya. Apalagi kalau kamu cuma pakai alat perekam handphone.

Baca Juga : Cowok Jomlo Jangan Takut Makan Bawang Putih, Rasain Deh Manfaatnya Ajaib!

4. Percaya Diri

Buat kamu yang ingin musik atau talenta kamu didengar oleh dunia, jangan kebanyakan mikir, percaya diri aja, dan langsung upload video akustikan kamu ke YouTube.

Satu hal yang harus kamu perhatikan banget adalah performa dan penampilan kamu di depan kamera. Jika penampilan kamu sudah sangat keren dan materi lagunya bagus, kamu nggak harus terlalu memusingkan masalah audio. Pasalnya, orang-orang yang menonton video kamu bakal lebih fokus ke karya kamu dibandingkan kualitas audio atau videonya.

Banyak, kok, video-video di YouTube yang kualitasnya mungkin nggak jernih, tapi karena bagus karyanya, videonya bisa ditonton sampai jutaan kali!

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya