10 Buah Unik yang Mungkin Kalian Belum Pernah Tahu Sebelumnya

Rabu, 06 Maret 2019 | 21:10
Ever In Transit

Buah-buah unik yang mungkin belum pernah kalian tahu sebelumnya

HAI-online.com -Tak terhitung ada berapa banyak jenis buah dan sayur yang ada di Bumi ini. Bahkan, beberapa di antaranya ada jenis-jenis yang mungkin belum pernah kalian tahu sebelumnya.

Pasalnya, buah-buahtersebut hanya tumbuh di beberapa wilayah tertentu, sehingga nggak banyak orang yang mengetahuinya.

Bahkan sebagianbuah-buahan ini juga dianggap ekslusif karena hanya tumbuh sedikit.Berikut 5 jenis buahyang mungkin belum pernahkalian ketahui sebelumnya:

Baca Juga : Unik, Burung Ini Bisa Menularkan Kebahagiaan Karena Jago Ngelawak!

1. Acke

Unbelieve-Fact
Unbelieve-Fact

Acke

Acke adalah buah nasional dari Jamaika, dan telah menjadi budaya Jamaika meski aslinya berasal dari Afrika Barat.

Untuk mengonsumsi buah ini Anda harus menunggunya sampai matang baru bisa mencicipinya. Karena, buah ini memiliki racun yang bisa menyebabkan koma, jika nekat memakan buah ini sebelum waktunya.

2. Kiwano

Unbelieve-Fact
Unbelieve-Fact

Kiwano

Dagingnya terlihat seperti mentimun, buah ini hampir 90% didalamnya adalah air. Buah ini juga pernah muncul pada sebuah film Star Trek. Buah ini berasal dari Afrika sub-Sahara, kiwano memiliki kulit yang berduri, namun di bagian dalamnya berair.

Menurut keterangan buah ini rasanya mirip dengan pisang. Buah ini bisa ditemukan di Portugal, Italia, Jerman, Chili, AS, Selandia Baru dan Autralia. Meski demikian, buah ini aslinya berasal dari Afrika, merupakan salah satu sumber air bagi masyarakat di Gurun Kalahari selama musim kemarau.

Baca Juga : Seberapa Besar Kapasitas Otak Manusia? Siapkan Aja Ribuan Harddisk

3. Tangan Buddha

Unbelieve-Fact
Unbelieve-Fact

Tangan Buddha

Tangan buddha merupakan jenis jeruk yang berasal dari timur laut India dan China. Namun, bentuknya berbeda dengan jeruk pada umumnya, karena buah ini terlihat memiliki jari-jari.

Buah ini tersegmentasi menjadi beberapa bagian yang memberikan tampilan jari dan menurut tradisi buddha jari-jari ini menyerupai tangan buddha berdoa.

Karena itulah buah ini juga digunakan sebagai persembahan religius di Kuil-kuil Buddha dan dipandang sebagai simbol keberuntungan dan kebahagiaan di Tiongkok.

4. Apel es

Unbelieve-Fact
Unbelieve-Fact

Apel Es

Terakhir adalah buah yang berasal dari anak benua India dan Asia Tengggara, buah ini disebut dengan apel es. Buah ini cukup banyak ditemukan di Thailand, Kamboja, dan Vietnam dan tumbuh ketika musim panas antara bulan April dan Juli.

Di India buah ini sangat dihormati karena menjadi budaya dan pohon resmi di negara bagian Tamil Nadu India yang dikenal dengan nama 'Karpaha Veruksham'.Katanya sihbuah ini memiliki rasa seperti kelapa.

Baca Juga : Ternyata Orang Jadi Percaya Bumi Datar Karena Terpengaruh Video-video di YouTube

5. Cherimoya

Ever In Transit
Ever In Transit

Cherimoya

Cherimoyaadalah buah yang berasal dari Amerika Selatan.Daging buahnya putih lembut, seperti custard yang memberinya julukan "custard apple."Katanya rasanya seperti kombinasi pisang, nanas, dan permen karet.

6.Biriba

Instagram / Kohala Grown Market

Biriba

Biriba punya kulit yang menyerupai banyak tanduk, namun nggak tajama seperti durian.Kulit buah biriba bakal berubah menjadi hitam ketika matang. Daging buah Biriba punya rasa seperti pie lemon.

7.Australian finger lime

The Lime Caviar Company

Australian finger lime

Sekilas, buah ini terlihat seperti sushi dengan tobiko atau telur ikan di bagian atasnya. Bahkan buah ini punya nama nggak resmi, "lime caviar". Rasa bulir buah ini mirip seperti bulir buah dari keluarga jeruk pada umumnya.

Baca Juga : Anjing Ternyata Bisa Dilatih Untuk Mendeteksi Kanker Dengan Mencium Air Liur

8. Akebia

Instagram / margit_engen

Akebia

Buah akebia punya bau yang wangi dan manis. Rasa akebia mirip seperti rasberi, dan buah inisering dijadikan sebagai makanan penutup.

9. Hala

imgur

Hala

Hala adalah spesies buah screwpine asli Polinesia. Buahnya bisa dimakan mentah atau dimasak dan bahkan digunakan sebagai benang gigi. Daunbuah ini juga bergunauntuk pengobatan.

10. Mulberry

Ever In Transit

Mulberry

Mulberry adalah berry merah memanjang yang tumbuh di pohon kecil lebat.Buah iniberasal dariCina dan secara historis ditanam sebagai buah bagi larva ulat sutera. Hmmm bentuknya mirip kotoran luwak yang dibikin kopi yah.

Editor : Al Sobry

Sumber : unbelievable-facts.com, Intisari

Baca Lainnya