Jangan Mutusin Cewek Kalau Bukan Dengan Cara Gentle Ini

Rabu, 13 Februari 2019 | 15:36
iStockphoto

ilustrasi putus dari pacar

HAI-Online.com –Yang namanya jalan cerita orang kan bisa beda-beda, ada banyak orang yang baru jadian di hari kasih sayang, meneruskan hubungan mereka sampai ke jenjang yang lebih serius lagi, tapi nggak menutup kemungkinan juga pada hari yang sama, ada sebagian kita yang harus mengakhiri hubungan dengan pasangannya.

Sedih, sih! Tapi mau gimana lagi, jalan hidup emang nggak selalu lurus, pacaran juga nggak selalu nyambung terus. Daripada sakit hati terus, cowok seperti kita harus punya sikap yang tegas Kalo emang udah nggak bisa dijalanin berdua, dan terlebih susah untuk bertahan bersamanya, ya udah lepas aja, putusin dia!

Nah, masalahnya nggak simpel memutuskan hal demikian, butuh beberapa keahlian khusus ketika cowok mau bilang ‘putus’.

Yang penting, saat cowok udah siap jadi jomlo atau single lagi, keputusan kita udha yang palimng tegas ke dia, namun tetap punya kehormatan dan martabat untuk deretan mantan kita nantinya!

Baca Juga : Jangan Putusan Kalo Udah Berbagi Foto Bugil ke Pacar, Hidup Bisa Berantakan!

Nah dilansir HAi dari Art of Man Liness, berikut ini adalah beberapa cara cowok

ketika menghadapi episode mengakhiri hubungan, namun dilakukan dengan cara yang tegas dan tentu saja baik-baik layaknya pria sejati:

1.Jangan Menunda-nunda Omongan

Kalo sudah sadar harus menyelesaikan masalah percintaan dengan cara memutuskan hubungan. Jangan pernah menunda-nunda omongan yang tadinya ada di benak kepala, sampaikan dengan segera sebelum semuanya berubah.

Kasus yang paling sering terjadi adalah, cowok sering menerima satu kejadian yang sebenarnya menyakitkan hatinya, cuma untuk kemudian mereka tetap mau bertahan dengan cewek yang sama. Padahal masalah yang kalian berdua hadapi sudah mentok dan nggak bisa diperbaiki lagi.

Bro, hubungan itu ibarat berkendara mobil. Selama kesalahan-kesalahan kecil dalam nyetir bisa dikoreksi, lakukan dan perbaiki. Tapi kalo nggak sama sekali dikasih tau cara nyetir yang bener, lo bisa diajak berguling-guling di jalanan, pas ngegas, roda kendaraan jadi terpelintir. Dan bum! kecelakaan yang bisa aja bikin lo cacat seumur hidup.

Baca Juga : Menang Banyak, Ini 8 Keuntungan Pacaran Sama cewek yang Lebih Tua!

Makanya jangan diam, apalagi kalo kamu di posisi yang menderita dalam hubungan. Sampaikan kamu udah nggak tahan lagi, daripada kejadian pas nyetir kamu hilang arah dan alami cidera yang lebih besar.

Lagian, cowok sejati nggak takut untuk mengomunikasikan keluhan mereka dengan jelas saat diperlukan.

Jika hubungan itu harus diakhiri, pasangan lo mungkin terluka, tetapi seenggaknya lo bakal bisa mengungkapkan alasan kuat mengapa lo harus pisah daripada sakit kalo bersama-sama.

2.Bilang Putus Harus Secara Langsung

Mau Putus, ngomongnya langsung

Betapa pengecut dan menyedihkannya mental cowok yang suka bilang putus ngomongnya dari telepon, atau lebih buruk lagi, lewat email atau sms. Dan sangat-sangat buruk kalo mutusin cewek di media sosial, duh, contohnya udha banyak di dunia maya.

Nah, lo nggak boleh tiru yang begituan. Cowok harus bisa nanganin ini dengan cara yang lebih baik, yaitu cara yang sama waktu kamu bikang cinta pertama kali untuknya. Oke, kamu nembak dia di surat, tapi setelah itu perasaan yang sesunguhnya harus disampaikan langsung di hadapannya, bukan lewat facetime, video call atau semacamnya.

Baca Juga : Jelang Hari Kasih Sayang, Fiersa Besari Lempar Klip Bukan Lagu Valentine

Caranya, tetapkan waktu dan tempat untuk bertemu, dan pastikan kalo hari terakhir itu kamu ngasih perhatian penuh. Cewek yang diputusin cowoknya, pantas mendapatkan perhatian lebih. Pasalnya, mereka sebentar lagi bakal menghadapi situasi yang nggak nyaman dan canggung, tugas kamu sebagai cowok sejati harus bisa merasakan raut muka dan perasaannya, biar saat bilang putus, dia mudah menerima bahwa itu semua benar-benar harus diakhiri.

3.Ngomong yang Jelas

Ciri Cewek Punya Inner Beauty, Nyarinya Gampang, Nembaknya Unch?

Udah nyedian waktu untuk perpisahan, eh pas ngomong langsung, kamu menggunakan kata-kata yang multi-tafsir. Nah, hindari kata-kata yang gantung atau bermakna lebih dari satu, kaya “gue udah nggak ada rasa lagi,” atau “lo terlalu baik, buat gue!”

Ngomong yang jelas, cewek lo selama ini udah melakukan kesalahan yang nggak bisa dimaafkan lagi, sampaikan rasa sakit hati lo dengan emosi yang terkontrol. Habis itu, kasih tahu dia, keputusan yang meyakinkan untuk mengakhiri hubungan dengan jelas.

Salah satu tanda paling nggak jelas soal putusnya hubungan kamu dan dia adalah ketika cewek lo pergi, dia masih kebingungan kenapa dia ada di posisis itu (diputusin begitu aja). Nah, tugas kamu harus menjelaskan dengan benar kenapa harus udahan.

Baca Juga : Boleh Ditiru Boleh Nggak, Begini 9 Cara Cewek Sembuhkan Patah Hatinya!

4. Jangan Kejam

Sementara kejelasan itu diperlukan ketika menyampaikan kalimat putus, kamu sebaiknya nggak kejam setelah resmi berpisah.

Maksudnya, kamu jangan sampai nggak bayarin dia makan di restoran yang tadi dipesan untuk bilang putus. Tetaplah bersikap baik dan nggak merendahkan atau memarahi mantan pacar dalam proses putus itu. Semisal, hari perpisahan itu bukan waktu yang tepat untuk ngasih tahu bahwa gaun yang waktu dia pakai pas jadi temen kondangan benar-benar kelihatan gemuk.

Intinya, tetap jadi cowok yang sopan, baik dan nggak bikin cewek sakit hati kecuali soal status putus yang dia terima hari itu.

5. Jangan ngasih harapan baru

udahan mah udahan aja

Seringnya cowok meninggalkan hubungan dengan cara yang bikin nggak tenang karena mengeluarkan kata-kata yang menunjukkan harapan barui di masa depan. Jangan, bro! cewek jadi galau apa mereka sudah beneran selesai? Atau sebenarnya nggak tahu udha diputusin benar-bener atau masih bisa nyambung lagi?

Baca Juga : Ini Cara Ampuh Supaya Kamu Terhindar dari PHP

Kalo udah benar-benar putus, jangan ucapin frasa yang bikin mantan berharap balik pada suatu hari nanti, seperti, "Mungkin di ujung jalan kita ketemu lagi," atau "Cuma nggak sekarang ini,".

Maksudnya mungkin biar nggak kejam dan seakan ngaish waktu untuk berubah, tap cara itu nggak bakal ngasih solusi yang tepat.

Kalau kamu aja nggak jelas, pasangan kamu mungkin bisa mikir ini cuma break, nanti kalo udah sedikit lebih tenang, siapa tahu fase ini bakal udahan. Duh, yang kayak gini bikin cowok/cewek yang putus jadi nggak bisa move on untuk menjalani kehidupan mereka selanjutnya.

Baca Juga : Ketika Cowok Alami Patah Hati, Rebut Segera Faedahnya, Guys!

Kembali ke nomor satu, dan lakukan! (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya