Follow Us

Duh Gue Jadi Korban Bully Senior, Apa yang Harus Gue Lakuin?

Dewi Rachmanita - Selasa, 25 September 2018 | 19:10
Ilustrasi Bullying
simplemost.com

Ilustrasi Bullying

HAI-Online.com - Hari gini masih marak kasus bully? Duh nggak banget deh! Cuma emang nggak bisa dipungkiri, masih aja ada kakak kelas alias senior yang suka bersikap seenaknya dan masuk kategori bully. Buat lo yang jadi korban, jangan cemas, HAI kasih solusinya.

Dikutip dari buku Teenager 911 "Pertolongan Pertama pada Pergalauan dan Pergaulan", bully sendiri merupakan bentuk perilaku agresif yang melibatkan paksaan, tekanan, dan kekerasan pada orang lain.

Ciri utamanya nih adanya intimidasi dan biasanya dilakukan berkali-kali bro.

Baca Juga : Ardhito Pramono, Musisi Muda Bersaing dengan Senior di AMI Awards 2018

Bully juga nggak cuma berbentuk fisik aja loh, tapi juga verbal dan emosional. Misalnya nih lo diejek atau dimusuhi yang merupakan perwujudan rasa iri dan cemburu pelaku.

Nah, buat menghadapi bully dari senior, lo nggak bisa sendiri bro. Lo mesti punya support system yang siap membantu. Itu bisa siapa aja kok yang emang menurut lo layak jadi teman dan pastinya mendukung lo buat berani. Jadi, si pelaku bully bakal ciut nyalinya.

Penting juga nih buat lo punya bukti bully. Lo bisa rekam saat pelaku melakukan bully itu dan jadi penguat waktu lo lapor ke orang tua atau pihak sekolah.

Intinya, lo jangan takut sob! Lo mesti berani bilang nggak suka atau hal yang nunjukin pertahanan diri dengan benar. Jangan mau terus-terusan di-bully, mesti punya power. Selain itu coba juga berbaur dan punya banyak teman biar nggak rentan di-bully. (*)

Editor : Al Sobry

Baca Lainnya

Latest