Follow Us

Kangen Mainan Jadul? Nostalgia Aja Yuk ke Pameran Permainan Tradisional Ini

HAI Internship - Rabu, 29 Agustus 2018 | 14:59
Dua anak lagi bermain congklak dalam pameran permainan tradisional
Dok. Kemendikbud

Dua anak lagi bermain congklak dalam pameran permainan tradisional

HAI-Online.com - Suka kangen nggak sih, dengan permainan tradisional yang suka kita mainin saat kecil dulu? Nah, karena itulah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) lewat Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan) bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II menggelar Pameran Permainan Tradisional Interaktif.

Para penumpang yang lagi nunggu pesawat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang sekarang bisa ikutan main beragam permainan tradisional yang disediakan dari tanggal 27 Agustus sampai 15 September nanti, sob.

Pameran ini dilaksanakan supaya masyarakat bisa bernostalgia lewat permainan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. Macam congklak, bola bekel, sepatu bola pantul, tapak gunung, lompat karet, gasing, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Jangan Percaya Siapa pun. Tonton Trailer Kedua

Selain pameran, para pengunjung juga bisa memainkannya. Selain itu, pengunjung juga diberikan banyak informasi lengkap soal asal usul, makna, dan filosofi permainan yang ada di Indonesia sejak zaman dulu. Dijamin setelah datang ke sini, pengunjung jadi lebih pinter deh, hehehe.

Menurut Dirjen Kebudayaan, saat ini permainan tradisional udah mulai dilupakan. Apalagi di kalangan generasi muda. Lewat pameran kayak gini, mereka berharap untuk bisa mendorong generasi muda untuk mau mencoba memainkan permainan tradisional kembali.

"Di sini kita punya ruang bermain yang bisa digunakan pelanggan khususnya pengunjung yang bawa anak-anak. Bisa bermain sekaligus para orang tua juga bisa bernostalgia," ujar Dirjen Kebudayaan Hilmar Farid.

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Latest