Follow Us

14 Universitas Swasta Terbaik Indonesia 2018 Versi Kemenristekdikti. UII Peringkat Pertama

Ricky Nugraha - Minggu, 19 Agustus 2018 | 19:25
Universitas Islam Indonesia
uii.ac.id

Universitas Islam Indonesia

HAI-online.com - Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) telah mengumumkan daftar perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2018 tepat pada perayaan HUT RI yang ke-73 (17/08/18).

“Klasterisasi ini dijadikan Kemenristekdikti melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan kualitas, penyusunan kebijakan, serta memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia,” kata Direktur Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti Patdono Suwignjo.

Performa perguruan tinggi Indonesia ini dinilai dari lima komponen utama, yaitu: kualitas SDM, kualitas kelembagaan, kualitas kegiatan kemahasiswaan, kualitas penelitian dan pengabdian pada masyarakat, dan kualitas inovasi.

BACA JUGA: 14 Universitas Terbaik Indonesia Tahun 2018 Versi Kemenristekdikti. ITB Peringkat Pertama

Kualitas inovasi dimasukkan sebagai salah satu komponen utama penilaian dengan tujuan untuk lebih mendukung kebijakan Kemenristekdikti dalam hiliarisasi hasil riset ke sektor industri.

Dari hasil analisis pada Pangkalan Data Pendidikan Tingi (PDDikti) Kemenristekdikti, diperoleh 5 (lima) klaster perguruan tinggi Indonesia.

Berdasarkan data pemeringkatan dari laman resmi Kemenristekdikti, perguruan tinggi swasta ( PTS) masuk dalam kluster 2 yang terdiri dari 72 perguruan tinggi (swasta dan negeri) dari seluruh Indonesia.

Pemeringkatan PTS tahun 2018 berdasarkan 100 PT terbaik menurut Kemenristekdikti adalah sebagai berikut:

14. Universitas Tarumanegara peringkat 50

13. Universitas Sanata Dharma peringkat 49

12. Universitas Surabaya peringkat 45

Source : Kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest