Follow Us

Patut Dicontoh Nih Cara Desa Di Jepang Ini Bebas Dari Sampah Sama Sekali

Bayu Galih Permana - Senin, 04 Juni 2018 | 12:15
Patut Dicontoh Nih Cara Desa Di Jepang Ini Bebas Dari Sampah Sama Sekali
https://www.betterworldinternational.org/

HAI-ONLINE.COM- Tinggal di wilayah yang bersih dan bebas dari sampah pasti merupakan impian bagi semua orang ya sob.

Nah ternyata ada loh satu desa di Jepang, yang tempat-tempatnya bersih dari yang namanya sampah, keren ya.

Desa kecil yang terletak di barat daya wilayah negeri Matahari Terbit ini bahkan mengelompokkan sampah-sampah sisa pemakaian mereka tersebut ke dalam tempat pembuangan yang dibagi menjadi 34 kategori.

CEK JUGA: Ngeri! 6 Foto Ini Buktikan Bumi Kita Penuh dengan Sampah Plastik

Pada tahun 2003 desa ini mulai menerapkan program zero waste yang super ketat, sob, sebenarnya sebelum program ini berjalan, masyarakat di sana membakar sampah-sampah yang mereka hasilkan, namun mereka akhirnya menyadari betapa merusaknya dampak dari pembakaran sampah tersebut terhadap lingkungan.

http://www.businessinsider.com/

Sampah-sampah tersebut dikategorikan menjadi jenis-jenis yang spesifik, seperti kaleng aluminium, kaleng besi, kertas karton, kertas selebaran, dan lain sebagainya.

Butuh penyesuaian waktu bagi warga disana untuk menyesuaikan diri dengan program tersebut karena mereka harus mencuci, menyortir, dan membawa sampah tersebut ke pusat pemilahan.

Selain Kamikatsu, ada beberapa kota-kota di Amerika Serikat yang juga mulai menerapkan program ini agar kota mereka bebas sampah, di antaranya San Diego dan New York City yang yakin program ini akan berhasil 100 persen dalam 15 tahun ke depan.

Wah hebat banget ya sob tingkat kesadaran masyarakatnya, kira-kira kalau program kaya gitu diterapin di Indonesia, bakal jalan nggak nih?

Source : Business Insider

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest