Follow Us

7 Hal Penting yang Pasti Kamu Nggak Sadari dari Video Klip This Is America Milik Childish Gambino

Alvin Bahar - Rabu, 09 Mei 2018 | 05:15
This Is America
Alvin Bahar

This Is America

HAI-ONLINE.COM - Childish Gambino tiba-tiba viral. Video klip dari lagu barunya yang berjudul “This Is America” trending di mana-mana. Itu semua karena karya satirikal tersebut sangat ‘ngena’ buat para warga Amerika Serikat. Sebuah protes indah yang terangkum dalam video klip yang digarap Hiro Murai.

Dalam lagu dan video klip tersebut, Childish Gambino berusaha menggambarkan apa yang terjadi di Amerika Serikat saat ini. Itu semua terlihat dari hal-hal yang ada di video klipnya, yang sering terdistraksi gara-gara tarian rapper yang memiliki nama asli Donald Glover tersebut.

Nah, HAI udah merangkum beberapa hal penting yang harus kamu lihat dari video klip “This Is America”. Segera nonton lagi video klipnya dan cek ya!

Cek: Menang di Pemilu, Pegulat WWE Kane Selangkah Lagi Jadi Walikota di Amerika Serikat

1. Childish Gambino meniru Jim Crow

Gaya Gambino saat akan menembak seseorang di awal video klip terlihat seperti Jim Crow. Ia adalah karakter teater yang akhirnya dijadikan nama hukum. Hukum Jim Crow adalah hukum di Amerika yang berlaku pada 1876 hingga 1965 dan mengatur ‘terpisah namun setara’ (segregasi). Karena hukum Jim Crow, orang kulit putih tidak bisa duduk berhadapan atau di belakang orang kulit hitam. Orang kulit putih harus duduk di depan orang kulit hitam. Hukum ini memberikan ‘superioritas’ kepada kaum kulit putih terhadap para keturunan Afrika-Amerika.

2. Nggak ada mobil mewah dan baru

This Is America
Hal ini bisa jadi menggambarkan bahwa banyak orang Amerika Serikat yang menggunakan mobil bekas karena murah, atau menyindir mobil-mobil supermewah yang selalu ada di video klip hip-hop.

3. Adegan chaos yang mengutip alkitab

Dalam salah satu adegan, terlihat sesosok berjubah hitam menunggang kuda dan lari dari kekacauan yang ada di belakangnya. Adegan tersebut nampaknya mengutip Revelation 6:8 yang berbunyi “Maka kulihat ada seekor kuda kepuh, dan yang duduk di atasnya itu Maut namanya, dan 'alamat maut itu pun mengikut sertanya; maka akan keduanya itu diberi kuasa atas seperempat bumi akan membunuh orang dengan pedang dan kelaparan dan mati, dan oleh segala binatang di bumi yang buas-buas.”

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest