Follow Us

Mengungkap Hoaks Bahayanya Minum Jeruk Habis Makan Udang

Rizki Ramadan - Kamis, 05 April 2018 | 09:45
Udang asam manis
Rizki Ramadan

Udang asam manis

HAI-ONLINE.COM- Pernah nggak denger larangan minum jeruk setelah makan udang? Konon katanya kalau kita melakukannya, kita memiliki peluang besar untuk mengalami keracunan.

Namun, menurut Doktor Gizi Poltekkes Kemenkes Jakarta 2 dan Nutrisionis Persagi, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, minum jeruk setelah menikmati udang nggak akan bereaksi apa-apa dan nggak dilarang dalam dunia medis.

Dr. Rita juga berkata kalau efek keracunan seperti yang oang-orang bilang pun selama ini sebenarnya nggak ada.

Kekhawatiran masyarakat tentang keracunan karena meminum jeruk setelah makan udang didasari oleh adanya kandungan arsen pada udang yang bercmpur dengan vitamin C dari jeruk. Padahal masyarakat perlu mengenali terlebih dulu jenis arsen yang menyebbakan keracunan.

Terdapat dua jenis arsen. Yang pertama adalah arsen organek yang biasa ditemukan dalam daging, sayuran dan buah. Lalu, yang kedua adlah arsen anorganik yang terkandung dalam logam berat.

BACA JUGA: Ini Dia 10 Makanan Terbaik kalo Lagi Ujian, Baik untuk Daya Ingat dan Kecerdasan

Dr. Rita berkata bahwa sifat arsen udang adalah organik dengan nama arsenobetian yang sejatinya nggak bersifat beracun karena nggak mudah diserap ke dalam sel dan juga metabolisme terbatas. Sebagaimana HAI rangkum dari Kompas.com.

Meskipun begitu, udah tetap mengandung arsen anorganik, walaupun dalam jumlah yang sangat sedikit yakni kurang dari empat persen. Itupun biasanya hanya ditemukan pada udang yang berasal dari perairan yang tercemar logam berat.

Jadi, nggak ada salahnya kalau minum es jeruk setelah makan udang asem manis. Duh, kok jadi pengen ya.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest