Follow Us

4 Fakta dari Kartu Ucapan Tahun Baru 2018 Terkecil di Dunia yang Dibuat Para Peneliti Indonesia

Alvin Bahar - Selasa, 02 Januari 2018 | 08:30
Kartu ini hanya berukuran 25 mikrometer atau 0,025 milimeter.
Alvin Bahar

Kartu ini hanya berukuran 25 mikrometer atau 0,025 milimeter.

HAI-ONLINE.COM – Pada Natal lalu, ada kartu Natal terkecil di dunia yang dibuat oleh National Physical Laboratory. Nah, sekarang ada kartu tahun baru terkecil yang dibuat oleh para peneliti Indonesia. Ini fakta-faktanya!

Cek deh: #KaleidoskopHAI 11 Indie Rising Star terbaik 2017

1. Berapa Ukurannya?

Kartu ucapan tahun baru 2018 ini hanya berukuran 25 mikrometer atau 0,025 milimeter. Malah kartu tahun baru ini hanya sekecil virus polio yang merupakan virus terkecil di dunia.

Karena ukurannya yang super mini inilah, kartu ucapan ini nggak bisa dilihat dengan mata, tapi harus menggunakan mikroskop.

2. Bagaimana Bentuknya?

Kartu mungil ini berbentuk persegi panjang, seperti plat kendaraan. Di kartu itu tertulis “Selamat Tahun Baru 2018” dan “Laboratorium FIB P2F LIPI” dengan logo LIPI di bagian kanan.

3. Siapa yang Membuatnya?

Kartu ucapan tahun baru terkecil di dunia ini dibuat oleh para peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Penelitian Fisika di Laboratoriun Focused Ion Beam (FIB).

4. Bagaimana Cara Membuatnya?

Kartu ucapan ini dibuat dengan cara diukir di atas material wafer silikon yang menggunakan energi dari tembakan ion galium. Alatnya sendiri dinamakan Dual-Beam FIB yang merupakan alat satu-satunya di Indonesia.

Wah, unik, ya, kartu ucapan tahun baru ini.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo dengan judul "Intip Kartu Ucapan Tahun Baru 2018 Terkecil di Dunia, Yuk!"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest