Follow Us

3 Keuntungan Ikut Kuliah Online Dibanding Kuliah Reguler.

Rizki Ramadan - Rabu, 21 Februari 2018 | 01:00
Kuliah Online Nggak Kalah Seru, lho.
Rizki Ramadan

Kuliah Online Nggak Kalah Seru, lho.

HAI-online.com - Nggak salah kalau pesatnya perkembangan teknologi sekarang berdampak pada perubahan gaya hidup kita, para remaja. Maklum, dengan teknologi, kita sudah bisa terhubung satu dengan yang lainnya, hanya dengan bantuan internet dan beberapa gadget canggih.

Nggak cuma merubah cara kita berpacaran lewat video call untuk melepas kangen gara-gara LDR, nyatanya, perkembangan ini juga berdampak pada berubahnya pola pendidikan kita. Contoh gampangnya ya lewat sistem kuliah online.

Yap, lewat sistem ini, kita sebagai mahasiswa nggak perlu lagi, tuh, repot-repot datang ke kampus untuk belajar ataumengumpulkan tugas mingguan. Soalnya, hal- hal tersebut sudah bisa kita lakukan di rumah, hanya dengan bantuan laptop atau PC, lengkap dengan koneksi internet yang stabil.

Biaya Lebih Hemat

Meski terkesan ‘wah’ lantaran embel-embel online yang disematkan, ternyata, kalau dibandingkan dengan kuliah reguler, sistem e-learning ini jauh lebih hemat, loh. Nggak main-main, saking hematnya, proses perkuliahan dengan metode ini dikabarkan mampu menghemat biaya sampai 40 persen dibandingkan dengan kuliah reguler pada umumnya.

Alasannya jelas. Dengan metode ini, kita sebagai mahasiswa, nggak wajib untuk datang ke kampus untuk mengikuti proses perkuliahan. Itu artinya, kita bisa menekan biaya pengeluaran kita seminim mungkin. Ya, kita jadi nggak perlu repot-repot berhitung soal uang bensin, bayar parkir, sampai makan siang di kantin. Oh ya, lupakan juga soal ribetnya fotokopi atau print tugas-tugas kampus, karena semuanya bisa kita lakukan hanya dengan koneksi internet.

“Harganya jelas lebih murah. Mahasiswa nggak perlu menggunakan laboratorium, perpustakaan, ataupun fasilitas lainnya kayak mahasiswa reguler,” ujar Agus Putranto, selaku Deputy Director Binus Online Learning.

Selain itu, dari segi pembayaran uang kuliah juga kita nggak dibebani dengan biaya yang tinggi. Dr. Engkos Achmad Kuncoro, selaku Director of Binus Online Learning menambahkan bahwa dengan sistem perkuliahan semacam ini, untuk mahasiswa di Binus, kita cukup mengeluarkan biaya sekitar Rp 50 juta saja, lebih murah jika dibandingkan dengan kuliah reguler yang umumnya mengeluarkan total biaya sekitar Rp 90 juta sampai lulus kuliah.

Bagus Dwipayana, selaku Staff Pusat Hubungan Masyarakat dan Urusan Internasional (PUSHUI) Universitas Terbuka (UT) mengamini hal tersebut. Menurutnya, keuntungan yang sudah pasti didapat dari sistem kuliah online ini adalah pemangkasan biaya yang jauh lebih murah ketimbang kuliah reguler yang kita kenal.

“Lewat kuliah online, kita bisa memangkas biaya perkuliahan. Contohnya, dalam pembelian buku di UT, kita bisa save uang sampai 40 persen lebih murah, ketimbang membeli buku cetak. Di UT, ada yang namanya toko buku online. Jadi, di sini, para mahasiswa bisa download e-book, di perangkat berbasis Android dan Windows PC,” ujar mas Bagus menjelaskan.

Proses Perkuliahan Nggak Seribet Yang Dibayangkan

‘Kok bisa murah banget? Emang gimana, sih, proses perkuliahannya?’ Kira-kira, itu pertanyaan yang bakal muncul setelah kita membaca pemaparan soal kuliah online. Namun ternyata, kuliah online nggak seribet dan sepusing yang kita bayangkan, kok. Garis besarnya masih sama kayak kuliah reguler pada umumnya. Bedanya, hanya terdapat pada materi dan bagaimana cara pengajarannya.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest