Follow Us

Ini Dia 4 Teknologi Pada Pakaian yang Harus Kita Tahu!

- Selasa, 06 Desember 2016 | 14:00
UNIQLO Bikin Alternatif Tetap Ganteng Di Liburan Musim Dingin
Hai Online

UNIQLO Bikin Alternatif Tetap Ganteng Di Liburan Musim Dingin

Berpenampilan keren dengan pakaian-pakaian yang lagi trend emang penting. Tapi nggak ada salahnya juga kalai kita mengenakan pakaian yang terbuat dari material yang fungsional. Biasanya sih pakaian dengan bahan yang memiliki teknologi ini memang untuk pada saat-saat tertentu, dan fungsinya untuk melindungi tubuh dari ketidaknyamanan yang bakal mengancam. Nah, contohnya suhu yang dingin, benturan, dan sebagainya.

Bahan-bahan pakaian berteknologi ini bisa kita temukan di pakaian-pakaian tertentu. Dengan mengenakannya, kita bisa mengefesiensi pakaian dan penampilan. Beberapa jenis pakaian emang didesain sangat khusus, tapa ada juga kok yang teknologinya disimpan pada pakaian dengan desain yang memang biasa kita kenakan seperti t-shirt, jacket, atau longsleeves. Ini nih, teknologi pada pakaian yang perlu kita tahu untuk situasi tertentu.

Teknologi Nano dan Photonics

Baru-baru ini sebuah bahan khusus udah dikembangkan teknokrat di Standford, Inggris. Jenis pakaian ini memiliki kemampuan mekanisme pendinginan yang lebih efektifi dibanding kain pada umumnya. Efek adem saat mengenakan pakaian yang berteknologi nano dan photonics ini berkat pancaran radiasi inframerah yang melewati bahan tekstil plastic.

Jenis bahan ini nggak akan bikin kita kegerahan.
Insinyur di Stanford University, Inggris, mengembangkan sebuah teksil berbasis plastik yang murah untuk bahan pakaian masa depan. Kemampuan tekstil ini bahkan jauh lebih dingin dari bahan alami atau bahan sitensis yang banyak di pasaran. Percaya atau nggak, bahan ini mampu mendinginkan seseorang di iklim yang panas sekalipun.

Proses kerja bagan ini memungkinkan tubuh melepaskan panas dalam dua cara dan membuat pemakainya merasa 4 derajat Fahrenheit lebih dingin dari pada saat mereka mengenakan pakaian katun. Kemudian bahan material ini bekerja mendinginkan dengan membiarkan keringat menguap melalui material, seperti yang biasa dilakukan kain-kain biasanya.

Karbon dan Titanium

Jenis bahan ini mampu melindungi kita pada benturan atau gesekan yang cukup keras saat balapan.
Bahan ini biasanya terdapat pada baju pebalap. Baju pebalab biasanya terdiri dari satu potong pakaian utuh yang membungkus pakaian yang membungkus tubuh pembalap. Material utama baju pebalap terbuat dari bahan kulit yang dikenal awet dan tangguh menghadapi abrasi maupun gesekan.

Yang paling penting dan menjadi perhatian adalah baju pebalap ini harus bisa memberikan perlindungan pada dada, punggung, siku, dan lutut. Tapi juga harus cukup ringan dan fleksibel sehingga pebala tetap nyaman saat mengenakannya. Untuk itu kombinasi teknologi dari material seperti karbon , Kevlar, dan titanium menjadi pilihan untuk member perlindungan pada bagian yang riski pada tubuh pebalap seperti dada dan punggung.

Hydrophobic Nanotechnology

Teknologi pakaian ini bikin kita nggak takut kotor.
Adanya teknologi ini pada pakaian membuat kita nggak usah khawatir dengan basah atau pun kotor. Sebenarnya ini bukan teknologi baru, karena salah satu merek pakaian renang pun ada yang sudah menggunakan teknologi ini untuk membuat pakaian tetap kering.

Perusahaan asal Australia Threadsmiths, meluncurkan t-shirt atau kaus yang memanfaatkan hydrophobic nanotechnology. Ketika pakaian terkena noda, kita hanya perlu menyiramnya dengan air tanpah harus takut basah.

Halaman Selanjutnya

Heattech Uniqlo
1 2

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest