Follow Us

3 PENULIS FAVORIT SANDIAGA UNO

- Jumat, 09 September 2016 | 12:25
Sandiaga Uno Penggemar Karya Pramudya
Hai Online

Sandiaga Uno Penggemar Karya Pramudya

Ada kerinduan yang memuncak saat pengusaha muda Sandiaga Uno mengajak ketemuan. Betapa tidak, Sandiaga Uno yang belakang digadang-gadang menjadi lawan dan siap beradu visi dengan Gubernur Basuki TP kebelet ingin menuntaskan nostalgianya bersama HAI. Berbincang soal sepakterjangnya saat remaja dan ingin pamer memori bahwa beliau pernah dimuat jadi model cover Majalah HAI edisi 3 tahun 1989.

Ya, kedekatannya dengan HAI tentu tak lepas dari kegemaran Bang Sandi yang memang hobi membaca dan selalu gemas dalam berapresiasi. Saat kami bertandang ke kantornya yang berlokasi di gedung Recapital, lt 11, Jl. Adtyawarman no. 55 Kebayoran Baru, Bang Sandi bercerita soal penulis favoritnya.

Saat ditanya siapa pengarang favoritnya, cowok yang suka berpakaian biru setiap hari rabu itu dengan sumringah mengatakan, “ Kalo soal pengarang lokal, nggak ada yang bisa menyaingi Pramoedya Ananta Toer,” buatnya novel tetralogi Bumi Manusia, Anak Semua Bangsa, Jejak Langkah dan Rumah Kaca sungguh luar biasa dan nyaris memenangkan nobel sastra. Empat novel yang sempat dilarang oleh pemerintah itu tak dihargai di negeri sendiri. Padahal, karya-karya Pram pernah diterjemahkan ke dalam 36 bahasa.

Kalo dari kalangan penulis muda, bang Sandi memfavoritkan E.S Ito lewat karyanya Rahasia MeedeMisteri Harta Karun VOC. Kejeniusan pengarangnya yang menggabungkan antara sejarah dan fiksi memikat siapapun yang suka dengan teka-teki. Buat bang Sandi, E.S Ito adalah Pram muda.

Nah, kalo yang terakhir bukan karena teman akrabnya. Bang Sandi menyukai penulis Ahmad Fuadi karena karya-karyanya yang penuh dengan pesan hebat dan mengajarkan bahwa kita harus selalu optimis dalam melihat masa depan. Novel Trilogi: Negeri 5 Menara, Ranah 3 Warna dan Rantau 1 Muara telah membuka semua daya imajinasi dan sangat inspiratif serta menjadi bacaan wajib buatnya.

Ketiga penulis idolanya tadi terus menggedor spirit cowok alumnus SMA Pangudi Luhur dalam setiap aktifitasnya. Makanya, lewat kegiatan #JakartaBerlari bang Sandi kerap berbagi ke tempat-tempat mengasikan salah satunya ke Taman Baca Masyarakat. “A good reader makes a good leader’. Seorang pemimpin adalah pembaca yang baik. Pergi ke Taman Baca dan perkaya khasanah anak muda, “ pungkasnya. ( EDI DIMYATI)

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest