Follow Us

Pemain Liverpool Ini Jadi Jago Gara-gara Orang Keturunan Indonesia!

Alvin Bahar - Senin, 15 Agustus 2016 | 06:15
Georginio Wijnaldum
Alvin Bahar

Georginio Wijnaldum

Ternyata peran Indonesia terhadap Liverpool FC bukan cuma mensponsori lewat Garuda Indonesia aja. Ada satu pemain Liverpool yang mengaku jadi jago gara-gara orang keturunan Indonesia lho.

Dia adalah Georginio Wijnaldum. Debut Georginio Wijnaldum bersama Liverpool diwarnai catatan positif. Dia menyumbang satu assist saat melawan Arsenal pada lanjutan Premier League di Stadion Emirates, Minggu (14/8).

Dia sempat "menari-nari" di area kanan sebelum melepaskan umpan lambung ke Adam Lallana. Nama terakhir menahan bola dengan dada dan mengarahkannya di antara kedua kaki Petr Cech.

Bakat Wijnaldum memang tercermin dari harganya. Liverpool rela membayar 25 juta poundsterling (sekitar Rp 429 miliar) kepada Newcastle demi mengakuisisi dia.

Jadi jago berkat orang kelahiran Sumatera

Tapi Wijnaldum mungkin nggak sejago sekarang kalo nggak ditemukan oleh pemandu bakat kelahiran Indonesia.

Wijnaldum mengawali karier juniornya bersama Sparta Rotterdam. Pemain yang akrab dipanggil Gini ini bergabung dengan akademi sepak bola di kota kelahirannya itu pada usia 7 tahun.

Pada awalnya, Wijnaldum kecil sama sekali nggak tertarik dengan olahraga sepak bola. Namun, semuanya berubah di tangan pencari bakat keturunan Indonesia yang lahir pada 22 November 1957 di Plaju, Sumatera Selatan, yaitu Kenneth Butter. Butter menjadi sosok yang sangat berjasa dalam karier sepak bola Gini.

Saat itu, Butter sudah 20 tahun berprofesi sebagai pencari bakat bagi Sparta Rotterdam dan kini menjabat sebagai kepala pencari bakat klub profesional tertua di Belanda itu.

Butter menemukan bakat Wijnaldum ketika sang pemain baru berusia 8 tahun saat sedang bermain sepak bola di cabang amatir Akademi Sparta Rotterdam.

“Penampilan Wijnaldum mencolok karena dibandingkan dengan rekan seusianya, lebih gesit dan memiliki teknik sepak bola baik. Walaupun ukuran badannya lebih kecil dan kurus, tetapi ia sangat kuat," ucap Butter seperti dikutip dari situs resmi Liverpool berbahasa Indonesia.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest