Follow Us

Cara Cepat Mengingat Nama Setelah Kenalan

- Selasa, 08 Desember 2015 | 04:23
Cara memngingat nama orang
Hai Online

Cara memngingat nama orang

Baru kenalan, tapi langsung lupa nama orang itu udah biasa banget terjadi. Tapi kalau ini keseringan terjadi, bisa-bisa kita malah dianggap nggak peduli atau menganggap seseorang itu nggak penting. Akhirnya kita malah dibilang sombong atau nggak acuh. Sedangkan dunia pergaulan itu penting banget. Nah, biar nggak sering lupa nama orang sejak pertama kali kenalan, coba kamu lakukan hal ini.

1. Ingat Ciri Khas di Wajahnya

Biasanya ingatan dari visual lebih terasa kuat dibanding pendengaran. Dengan memperhatikan ciri khas dari wajah seseorang mungkin bisa membantu kamu untuk mengingat nama dia. Misalnya, tahi lalat, tinggi badan, dan sebagainya.

“Untuk mempermudah, coba perhatikan wajah orang yang baru kenalan dengan kita. Misalnya dia punya tahi lalat di daerah tertentu di wajahnya, atau dia punya mata yang khas, atau rambutnya. Dengan begitu bisanya juga akan mengingatkan memori kita dengan nama dia,” tutur psikolog remaja, Intan Erlita.

2. Kaitkan Nama Dia dengan Orang Terdekat

Tentunya setiap nama punya kekhasan tersendiri juga. Ada nama yang umum dan ada nama yang agak unik. Diantara nama-nama orang, pasti ada yang bisa dikaitkan dengan hal lain, entah nama itu mirip dengan nama anggota keluarga, atau namanya mirip dengan salah satu aktor dari film yang pernah kita tonton.

“Kita juga bisa tuh mengaitkan nama orang yang baru kita kenal dengan siapa gitu. Misalnya dengan sepupu, nama artis. Ini juga bisa membantu kita untuk mempermudah dalam mengingat nama orang,” kata Intan.

3. Manfaatkan Gadget

Di zaman yang serba gadget, harusnya udah nggak ada alasan sih buat lupa nama orang. Karena gadget yang kamu pegang bisa dimanfaatkan untuk mengingat namanya. Kamu bisa minta akun sosial medianya untuk di-follow, atau minta kontaknya juga.

“Kan pasti kita selalu megang gadget kemana-mana tuh. Nah, manfaatin aja gadget. Bisa minta kontaknya, minta juga dia untuk mengeja namanya dengan jelas. Atau bisa juga minta fotonya, bilang aja biar nggak lupa,” ujarnya.

4. Akui Kalau Lupa Nama

Kalau kamu merasa udah merasa hopeless nggak bisa mengingat nama seseorang, sementara kamu udah ngobrol asik-asikan, mending ngaku aja kalau kamu lupa namanya dia. Nggak ada salahnya kok, daripada nanti kamu dikira sok tau atau sok asing. Itu justru bisa bikin dia tersinggung.

“Tanya lagi namanya. Bilang aja kalau kamu lupa nama dia atau ingat samara-samar tapi kurang yakin. Bilang dengan sopan dan minta maaf. Yang penting caranya harus santun dan nggak bikin orang ini tersinggung,” jelas psikolog cantik ini.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest