Follow Us

Sempat Ramai, Imbauan Menyanyikan Indonesia Raya Sebelum Pemutaran Film di Bioskop Telah Dicabut

Bayu Galih Permana - Jumat, 01 Februari 2019 | 11:40
Surat himbauan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum menonton film di bioskop.
Istimewa

Surat himbauan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum menonton film di bioskop.

HAI-Online.com - Beberapa waktu lalu, beredar surat himbauan dari Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengenai aktivitas menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di bioskop, tepat sebelum pemutaran film.

"Dalam rangka meningkatkan rasa nasionalisme dan mewujudkan generasi muda yang bangga serta cinta tanah air, dengan ini kami menghimbau kepada para pengelola bioskop di seluruh Indonesia untuk dapat memutarkan sekaligus menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum berlangsungnya setiap pemutaran film," bunyi pesan dalam surat tersebut.

Seperti yang dikutip HAI dari Kompas.com, Sekertaris Kemenpora (Sesmenpora) Gatot S Dewa Broto pun membenarkan adanya surat himbauan yang diterbitkan pada Rabu (30/1) tersebut.

Gatot sendiri menjelaskan bahwa himbauan itu sebenarnya bukanlah perintah wajib, jadi pihak bioskop diberi kebebasan untuk menerapkan hal tersebut atau enggak sob.

"Namanya himbauan, dilakukan boleh, enggak juga nggak apa-apa," terang Gatot saat dihubungi wartawan pada Kamis kemarin (31/1).

Baca Juga : Berbagai Jawaban Jujur Saat Ujian Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak

Belum genap tiga hari semenjak diumumkan, pada Jumat ini (1/2) Sesmenpora menegaskan bahwa surat himbauan untuk menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pemutaran film di bioskop telah dicabut.

"Ya, sudah dicabut," terang Gatot seperti yang dikutip HAI dari Tribunnews.

Gatot beralasan, pencabutan surat himbauan ini diambil setelah memperhitungkan beberapa aspek salah satunya tanggapan dari masyarakat Indonesia.

"Ya atas dasar berbagai pertimbangan, karena resistansi dan kegaduhannya sangat tinggi," jelas Sesmenpora lebih lanjut.

Kalau menurut kalian sendiri gimana sob? Sebenarnya perlu nggak sih menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum menonton film di bioskop untuk meningkatkan nasionalisme dan rasa cinta tanah air? (*)

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest