Follow Us

Kenalan Yuk Sama Aplikasi Koperasi Bikinan Siswa SMK Gelora Bekasi. Mempermudah Siswa Belanja Sambil Nabung

Hai School Crew - Sabtu, 12 Januari 2019 | 15:29
Rifqi, Cantika, Ikhsan Dwiyanto
Rifqi

Rifqi, Cantika, Ikhsan Dwiyanto

Penulis: Arifqi Fadli - SMK Gelora Bekasi

Hai-online.com - Di sekolah lo pernah nggak sih membuat suatu eksperimen atau project. Pasti pernah dong yah? eitssss, tapi tunggu dulu. SMK Gelora Bekasi ada suatu project yang nggak kalah dari project sekolah lain.

Di sekolah ini ada suatu project aplikasi koperasi, ya kalian pasti tau lah apa itu koperasi. Jadi secara simpelnya aplikasi ini dibuat dengan tujuan agar para siswa bisa membeli keperluan sekolah dengan lebih mudah dan bisa sambil menabung. Nama aplikasi ini adalah UPTEKAJE.

Sebelum panjang lebar lagi gue cerita tentang aplikasi ini, kalian mesti kenal dulu sama tim pembuatnya. Kayak kata pepatah, "tak kenal maka tak sayang.” Hehe.

Jadi tim ini terdiri dari 4 orang. Yang pertama jelas gue sendiri, Arifqi Fadli, lalu ada Cantika Shafiyyah, Muhamad Ikhsan Dwianto, dan seorang guru produktif di sekolah gue yang bernama Bapak Sigit Surya

Proses Pembuatannya Panjang Tapi Seru

Kami membuat program ini karena gue ngeliat temen-temen di sekolah itu susah banget untuk nabung dan susah juga untuk beli keperluan sekolah. Akhirnya sejak Desember lalu kami mantep untuk mulai mengerjakanya.

Pada proses pembuatannya yang pertama kali kita lakukan adalah berdiskusi tentang rencana terbentuknya aplikasi ini, seperti tujuan terbentuknya aplikasi ini, fitur yang akan kita gunakan, pembagian tugas dalam membentuk aplikasi ini, dan juga rencana uji coba aplikasi yang akan dilakukan setelah aplikasi jadi.

Tahap kedua adalah bikin tampilan webnya. Di situ, kami bikin struktur web, desain, dan gambar-gambar yang akan dimasukkan ke dalam web.

Setelah tampilan web kelar yang dilakukan selanjutnya adalah membuat database yang akan di isi untuk admin, user, dan landing page. Nggak lupa juga kami bikin sistem link (pemanggil) biar web bisa terhubung dengan database. Lalu, kami masukin data-data yang dibutuhkan. Terakhir, dites deh apakah penggunaan database bisa bekerja dengan baik.

Biasanya dalam membuat sesuatu pasti ada kendalanya, di proses pembuatan web ini pun kerap terjadi kendala yang sering disebut dengan bug. Contohnya, ada error pada bagian coding, gambar yang dibuat tidak cocok dengan web, dan nggak bisa terhubung dengan database, namun dapat terselesaikan dengan diskusi bersama untuk mencari solusinya.

Ini dia penampakan software-nya

Ini dia penampakan software-nya

Halaman Selanjutnya

Cara Kerja Aplikasi
1 2

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest