Salut! Dua Cewek dari Unpar Ini Bakal Mendaki Gunung Everest

  • Jumat, 20 April 2018 18:00 WIB

Dua Mahasiswa Unpar Bakal Daki Everest. (KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO) | KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO

HAI-Online.com - Siapa bilang naik gunung cuma banyak dilakukan oleh cowok? Nih dua mahasiswi asal Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung buktikan diri bakal daki Everest!

Dua pendaki cewek yang tergabung dalam organisasi Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Katolik Parahyangan (Mahitala Unpar), yaitu Fransiska Dimitri Inkiriwang dan Mathilda Dwi Lestari bakal menuntaskan nih bro misi pendakian tujuh puncak tertinggi di tujuh benua (The Seven Summits) mereka dengan mendaki Gunung Everst via sisi utara, yakni jalur Tibet. Cewek-cewek yang masih berusia 24 tahun itu telah berangkat ke Kathmandu, Nepal pada 29 Maret lalu.

CEK JUGA NIH: Fakta Dibalik Pekerjaan Digital Artist, Para Ahli Visual Effect

Kedua pendaki yang tergabung dalam tim The Woman of Indonesia Seven Summits Expedition Mahatala Unpar (WISSEMU) itu sebelumnya udah berhasil nih mendaki enam puncak gunung tertinggi di dunia lain sejak 2014. Nah, kali ini mereka bakal menuntaskan menjadi tujuh gunung pada periode akhir Maret - Mei.

undefined
Dua Mahasiswa Unpar Bakal Daki Everest. (KOMPAS.com / WAHYU ADITYO PRODJO)
"Tantangan terberat (pendakian Gunung Everest) itu adalah ketinggiannya. Jauh dari yang kami lewati. Strategi pendakian 7 puncak ini sudah kami atur sedemikian rupa, karena kita nggak punya medan latihannya di Indonesia. Gunung yang kam daki adalah itu untuk latihan gunung selanjutnya. Everest adalah gunung terakhir," kata Fransiska kepada Kompas.com seusai acara #DengarYangMuda.

Persiapan yang telah mereka lakukan menurut Mathilda juga sudah 2014 lalu. Mulai dari alat, fisik, sampai finansial udah mereka siapkan bro.

Cewek-cewek tangguh ini bakal daki Everest melalui sisi utara untuk menghindari bahaya di sisi selatan Gunung Everest. Salah satunya adalah Khumbu Icefall. Total durasi pendakian sendiri sekitar 57 hari. Aklimatisasi nantinya akan dilakukan di Lantang, Nepal sekitar seminggu dan melanjutkan perjalanan ke Tibet melalui jalur udara dan darat menuju Everest Base Camp.

"Rencana summit ke puncak Everest tanggal 14 Mei," tutur Mathilda.

Ternyata bro, pendakian yang dilakukan ini menyita perhatian tersendiri loh oleh Presiden Joko Widodo. Hal tersebut bahkan diungkapkan langsung oleh Staf Khusus PResiden Diaz Hendropriyono. Pak Presiden pun mendukung kegiatan itu lantaran opitimis bisa membawa nama harus Indonesia di kancah internasional.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com, dengan judul artikel Dua Pendaki Perempuan Mahitala Unpar Bakal Daki Everest Via Sisi Utara

Sumber : kompas.com

Reporter : Dewi Rachmanita
Editor : Rian Sidik

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×