Follow Us

Wa Gila Sih. 5 Pemain Profesional DotA 2 Kalah Melawan AI Bot Bikinan Elon Musk

Dio Firdaus - Rabu, 08 Agustus 2018 | 15:49
Manusia vs AI

Manusia vs AI

HAI-ONLINE.COM- Nggak bisa dipungkiri, dunia semakin gila dengan perkembangan teknologi khususnya pada bidang kecerdasan buatan. Bahkan kali ini, manusia harus mengakui kekalahannya atas kecerdasan buatan alias AI di pertandingan DotA 2.

Pertandingan antara tim manusia yang beranggotakan beberapa pemain unggulan DotA 2 melawan kecerdasan buatan dilangsungkan tadi malam.

Kecerdasan buatan tersebut merupakan sekelompok bot yang tergabung dalam tim OpenAI Five. Bot ini dikembangkan oleh Elon Musk sendiri selaku penliti dari OpenAI.

Pertandingan berlangsung dalam tiga ronder, dua diantaranya dimenangkan oleh tim OpenAI Five sementara tim manusia hanya berhasil memenagkan satu pertandingan. Sebagaimana HAI rangkum dari Cnet.

BACA JUGA: 3 Tips Ala Muhammad 'Inyourdream' Rizky Biar Jadi Pemain Dota 2 Yang Jago

Yang membuat AI ini bisa mengalahkan manusia nggak lain adalah perkembangan yang terus menerus dilakukan oleh tim OpenAI selama satu bulan sebelum perandingan ini. Bahkan Tim peneliti pun meningkatkan jumalh waktu reaksi dan menerapkan yang terbukti sangat efektif. Bahkan lebih efektif dari otak manusia.

Meskipun kalah satu angka, tim OpenAI Five menganggap kalau hal tersebut merupakan kecacatan sistem. Pasalnya pada pertandingan terakhiri ini, tim OpenAI Five mempersilahkan para penonton untuk memilih karakter yang dimainkan. Kurang keren apa coba?

"Terlihat bahwa mereka (tim OpenAI Five) memiliki reakisi yang jauh lehih cepat ketika sesatu yang mengejutkan terjadi" kata David Farhi, salah seorang peneliti OpenAI.

Secara nggak langsung, David mengatakan kalau ini mungkin salah satu keuntungan yang dimiliki bot atas tim manusia dan mungkin suatu saat AI benar-benar bisa lebih pintar dari manusia seperti layaknya Ultron. Hiii serem ya

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest