Follow Us

Mengenal Wangiri, Modus Penipuan dengan Kedok Missed Call dari Luar Negeri

Rizki Ramadan - Senin, 02 April 2018 | 13:00
Ilustrasi hacker
Rizki Ramadan

Ilustrasi hacker

HAI-ONLINE.COM- Belakangan ini sejumlah pengguna ponsel melaporkan mendapatkan sebuah missed call dari nomor asing alias luar negeri. Bahkan beberapa korban ngaku sudah ditelpon lebih dari satu kali.

Untuk yang merasakan dan nggak tau apa maksud dari panggilan yang berasal dari luar negeri itu, jawabannya adalah penipuan yang berbasis panggilan premium.

Modus penipuan ini diketahui sudah memakan cukup banyak korban dan nggak cuma di Indonesia aja, guys. Modus penipuan seperti sempat terjadi di Australia dan juga Selandia Baru.

Modus scam seperti ini tentunya bukan hal yang baru, bahkan beberapa ada yang menyebutkan kalau hal seperti ini sudah beredar sejak awal tahun 2000-an. Penipuan berbasis panggilan premium ini diberi nama wangiri, yang kalau diterjemahkan dalam bahasa jepang artinya "Panggilan tak terjawab".

Karena diambil dari bahasa Jepang, modus ini pun memang betul berasal dari Negeri Matahari Terbit. Seperti yang HAI rangkum dari Economist. Pada tahun 2002 silam, Jepang dilanda badai scam missed call dalam skala yang sangat besar. Bahkan operator seluler disana sampai angkat tangan menangani masalah tersebut. Nah, dari sini lah muncul istilah wangiri dan menyebar sampai sekarang.

Menurut salah satu operator seluler di Jepang, wangiri menargetkan pengguna ponsel secara acak. Pelaku membuat ribuan panggilan acak pada nomor ponsel di berbagai negara hanya dengan sekali missed call. Nah, kalau si korban melakukan panggilan balik pada nomor tersebut. Korban akan dikenai tarif premium sehingga tagihan atau pulsa yang kesedot jadi besar banget.

Ngeri banget kan? Saran dari HAI sih, kalau lo dapat missed call dari nomor yang asing apalagi pakai kode negara lain, mending jangan diangkat deh. Daripada pulsa atau tagihan telfon lo kesedot sia-sia? Stay Safe ya, guys!

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular