Follow Us

Narkoba itu Nggak Asik! Ini Buktinya dan Cara Jitu Menolak Narkoba

- Senin, 19 Maret 2018 | 14:00
ilustrasi
Hai Online

ilustrasi

HAI-Online.com - Nggak ada salahnya untuk teman dengan siapa saja, tapi lo tentu harus hati-hati. Jangan sampai nih karena rasa solidaritas atas nama teman malah menjerumuskan lo ke jaring penyalahgunaan narkoba. Berani menolak dan bilang nggak tentu lebih mudah ketimbang harus keluar saat sudah jadi pemakai narkoba.

Nah, HAI kasih tahu nih cara jitu menolak ajakan teman untuk pakai narkoba. Tapi, ingat ya ini semua harus dari diri lo sendiri yang kuat.

1. Berani

Yap, lo harus berani bro untuk punya sikap, pendirian, atau prinsip menolak narkoba. Lo harus teguh kalau menghadapi teman, bahkan sahabat dekat yang ajak lo coba-coba narkoba. Di sini pelru pertahanan yang kuat. Jangan mudah tergoda dengan iming-iming hanya sekali, memenuhi rasa penasaran, setia kawan, dan lainnya.

2. Mental kuat

Meskipun hasutan untuk pakai narkoba nggak sekali dua kali datang, mental lo harus tetap kuat bro untuk nggak mau. Kuatkan tekad lo untuk menolak. Pasti bisa, kok!

3. Nggak apa-apa ditinggal

Kalau teman lo mengancam bakal meninggalkan atau menjauhi lo karena nggak mau ikut pakai narkoba, biarin aja. Lebih baik kehilangan teman yang menjerumuskan, ketimbang diri lo masuk dalam jerat narkokba. Lo juga harus jadi refleksi, sebenarnya mereka mencari teman atau korban? Teman yang baik tentu nggak akan membawa lo ke arah negatif.

Nah tiga hal itu memang perlu diimbangi juga dnegan cara-cara diri lo sendiri untuk menghindari narkoba. Contohnya sering-sering ngobrol dan diskusi posisif dengan orang tua dan guru terkait bahaya narkoba. Selain itu salurkan hobi atau berkegiatan yang positif, bikin lo semangat dan membangun diri yang baik untuk masa depan. Nggak cuma itu, lo juga bisa jaga kedekatan dengan keluarga karena merekalah yang bakal sadar dengan cepat kalau ada perubahan di diri lo. Hal penting lainnya, yakni pahami secara benar kalau narkoba memang berbahaya yang bisa merusak diri, bahkan menjerumus ke arah kriminal.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest