Follow Us

Jangan Menahan Bersin Jika Nggak Mau Kena Masalah THT Ini

Rizki Ramadan - Kamis, 18 Januari 2018 | 02:15
Bersin jangan ditahan, bro!
Rizki Ramadan

Bersin jangan ditahan, bro!

HAI-online.com - Pernah nggak sih kamu mencoba untuk menahan bersin? Misalnya saat kamu berada di momen yang kurang tepat. Biasanya, disinilah kita memilih untuk menahan bersin. Memang sih terlihat sepele, tapi nyatanya justru berbahaya bagi tubuh!

Karena ditahan, tekanan tersebut menyobek selaput tipis yang ada di tenggorokan. Meskipun kasus ini jarang dan nggak biasa, namun dokter menyarankan kita untuk berhati-hati. Dalam jurnal BMJ Case Reports, disampaikan bahwa bersin juga bisa merusak telinga bahkan menimbulkan pembengkakan pembuluh darah.

BACA JUGA: Bro, Inilah Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Mengatasinya. Jangan digaruk!

Pria yang mengalami kerusakan telinga tersebut mengatakan, bahwa dirinya merasakan sensasi pecah di lehernya ketika hal itu terjadi. Seketika, ia merasakan sakit serta kesulitan menelan dan bicara. Setelah dokter melakukan pemeriksaan, mereka menemukan adanya pembengkakan dan nyeri pada bagian tenggorokan dan leher pria tersebut.

Hasil rontgen menemukan bahwa sejumlah udara merembes dari pipa udara ke selaput tipis di lehernya. Pria tersebut kini harus makan melalui selang untuk tujuh hari ke depan selama penyembuhan selaput di tenggorokannya. Setelah menghabiskan waktu satu minggu di rumah sakit, pria tersebut bisa pulang ke rumah untuk pemulihan.

Para dokter dari Departemen THT Leicester Royak Infimary menyampaikan bahwa menahan bersin agar tak keluar lewat hidung dan mulut adalah tindakan yang berbahaya dan harus dihindari.

Meskipun baik untuk dilepaskan, pastikan untuk menutup mulut dengan tisu saat bersin. Hal ini untuk menghindari penyebaran penyakit dan agar orang lain nggak merasa terganggu saat kita bersin.

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest