Follow Us

Ikuti 5 Hal Ini Agar Tetap Tenang Saat Menghadapi Ujian Perbaikan di Sekolah

Dok Grid - Selasa, 05 Desember 2017 | 07:30
Suasana Ujian saat ujian perbaikan
Rizki Ramadan

Suasana Ujian saat ujian perbaikan

HAI-online.com - Setelah ujian berakhir di sekolah biasanya sih memasuki masa-masa ujian perbaikan (remedial). Betul nggak, guys? Memang sih, ujian perbaikan bukan hal yang diinginkan. Tapi kalau harus dijalani ya mau nggak mau memang harus diikuti. Nah, HAI punya 5 tips nih agar tetap tenang bagi kamu yang harus mengikuti ujian perbaikan.

1. Jangan Cemas. Bukan Hanya Kamu Yang Mengikuti Ujian Perbaikan

Percaya deh, ketika kamu harus mengikuti ujian perbaikan itu bukan hanya kamu seorang. Pasti ada temanmu juga yang sama-sama mengikuti ujian perbaikan, entah itu teman sekelasmu atau lain kelas. Jadi, nggak usah merasa kalau kamu hanya seorang diri ya! Yang perlu kamu lakukan adalah tetap tenang dan mengingat kembali materi pelajaran yang akan diujikan.

2. Mengerjakan Soal dengan Sungguh-Sungguh

Ibaratnya, ujian perbaikan adalah kesempatan kedua yang kamu punya untuk memperbaiki nilai. Oleh karena itu, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh agar hasilnya lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: Dari Cilung Hingga Bilung, Ini Dia Jajanan Digulung Yang nge-Hits di Sekolah

3. Belum Menguasai Mata Pelajaran

Ketika kamu harus mengikuti ujian perbaikan maka salah satu penyebabnya karena kamu kurang menguasai mata pelajaran yang diujikan. Sehingga kamu bisa introspeksi diri untuk belajar lebih giat agar paham tentang mata pelajaran tersebut. Dengan demikian, ujian perbaikanmu pun akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

4. Ujian Perbaikan Bukan Akhir Segalanya

Nah, pemikiran seperti ini dapat mengurangi kecemasan kamu saat harus menghadapi ujian perbaikan. Percayalah, asal kamu niat dan berusaha sungguh-sungguh dalam ujian perbaikan maka hasil yang kamu dapatkan pun juga akan sesuai dengan usahamu

5. Nikmati Setiap Prosesnya

Yap, sebagai seorang pelajar tentu kamu harus menikmati setiap proses yang kamu lalui. Seperti ulangan harian, ujian sekolah, ujian perbaikan dan lain-lainnya. Anggap saja, dengan mengikuti ujian perbaikan di suatu mata pelajaran tertentu akan meninggalkan memori saat kamu sudah lulus sekolah nanti. Memang tidak mudah menjalaninya, asalkan punya niat dan usaha yang besar pasti kamu dapat melaluinya!

Tetap semangat dan lakukan yang terbaik ya dalam mengerjakan soal-soal ujian!

(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

Latest