Follow Us

Ikuti 4 Cara Ini Agar Terhindar Dari Kecemasan Saat Ujian

Rizki Ramadan - Senin, 27 November 2017 | 11:00
Cemas saat ujian sekolah
Rizki Ramadan

Cemas saat ujian sekolah

HAI-online.com - Pernah nggak sih kamu merasa panik atau cemas saat menghadapi ujian di sekolah? Sebenarnya wajar kok kalau kamu merasakan itu semua, asalkan jangan sampai mempengaruhi performa kamu saat mengerjakan soal-soal ujian di sekolah ya!

Untuk mengatasi rasa cemas itu, HAI punya 4 cara nih yang dijamin bakalan bikin rasa cemas kamu berkurang atau bahkan hilang!

1. Jangan Belajar H-1 Ujian

Percaya deh, kalau di H-1 ujian kamu masih belajar pasti rasa cemas kamu akan meningkat.

“Kira-kira besok bisa nggak ya ujiannya”

“Duh, susah nggak ya besok soal-soalnya”

“Kalau harus remedial gimana nih”

Beberapa pikiran itu pasti akan menghampiri kamu. Makanya, ketika H-1 ujian adalah saat yang tepat untuk kamu menenangkan pikiran dan beristirahat. Terus kapan dong belajarnya? Nah, coba deh bagi kamu yang masih menggunakan sistem SKS alias sistem kebut semalam diubah cara belajarnya. Dicicil belajarnya setiap hari, sehingga kamu tidak perlu mengebut semua materi pelajaran dalam satu hari yang nantinya malah bikin kamu cemas saat ujian.

2. Pelajari Teknik Relaksasi

Terlihatnya sih sepele memang, tapi cara ini ampuh banget untuk mengatasi rasa cemas lho. Caranya, tarik napas yang panjang atau menutup mata dan membayangkan hasil yang positif.

3. Lakukan Hal-Hal Kesukaanmu

Yap, coba deh kamu lakukan hal-hal yang kamu senangi. Misalnya, bermain gitar atau sekadar hangout ke rumah temanmu sebentar untuk melepaskan penat pikiranmu. Eits, tapi seperlunya aja ya guys jangan terlalu lama juga!

4. Percaya Diri

Setelah semua usaha yang kamu lakukan maksimal, maka saatnya kamu percaya diri dalam mengerjakan soal-soal ujian. Ketika kamu percaya diri maka rasa cemas yang menghampirimu pun tidak akan mempengaruhi performa kamu dalam mengerjakan soal-soal ujian.

Pokoknya, bagi kamu yang saat ini lagi menghadapi ujian sekolah semoga lancar yaa!

(Penulis: Kalika Diah P.M)

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular