Follow Us

Nggak Banyak yang Tau, Ini Bahaya Kalau Jarang Ngisi Bensin Full-Tank Buat Mesin

- Sabtu, 24 Februari 2018 | 09:00
Perhatikan ini biar motor irit bensin
Hai Online

Perhatikan ini biar motor irit bensin

HAI-ONLINE.COM – Sadar atau nggak, kita cukup sering melakukan kebiasaan ini, mengisi bensin tapi nggak sampai penuh alias full-tank. Apalagi kalo uang saku lagi mepet, bisa jadi malah cuma ngisi seliter tiap kali ke pom bensin.

Sebagai pelajar, kalo ngisi bensin nggak pernah full-tank sebenernya sesuatu yang bisa dimaklumin sih. Tetapi walaupun kesannya cuma sepele, ternyata kalo dilakuin terus-terusan ada efek buruknya lho buat mesin. Kalo dibiarkan terus menerus, kebiasaan ini bisa bikin proses pengembunan yang terjadi karena air yang ikut masuk dari cairan bahan bakar.

Anjar Rosjadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) bilang kalo proses kondensasi bakalan terjadi karena ruang kosong di tangki yang terlalu luas.

“Pengembunan terjadi pada kandungan air bila terlalu sering membiarkan tangki dalam kondisi kososng,” kata Anjar seperti ditulis situs Otomania.

BACA JUGA: Bukan Bensin Habis, Ternyata Ini Arti Huruf E di Speedometer

Kondisi itu juga bisa memungkinkan asupan udara yang masuk hingga akhirnya terjadilah penguapan. Hal ini bisa memicu terjadinya pengendapan air di dalam tangki yang selanjutnya bisa mengganggu aliran suplai bensin ke ruang bakar.

Selain itu, proses pengendapan lama-lama juga bakalan bikin lapisan tangki terkena dampak serangan korosi yang bakalan menambah kerusakan pada tangki motor.

“Air dan bensin tidak menyatu. Kumpulan air bisa saja mengendap yang lama-kelamaan membuat korosi pada lapisan tangki. Udara masuk karena ada saluran, semakin kosong semakin banyak udara yang masuk dan kemungkinan proses kondensasi terjadi juga besar.” jelas Anjar.

Nah tau kan sekarang kalo ternyata kebiasaan kecil kaya nggak ngisi bensin secara full-tank efeknya bakalan gimana. Kalo misalnya kamu udah kebiasa ngisi model gini, lebih baik mulai dikurangi deh. Mulai biasakan beli bensin secara full-tank setiap beberapa hari sekali.

Selain bisa menghemat waktu, ini juga bisa menghemat pengeluaran kamu. Daripada nanti tangki motor malah rusak dan bakalan keluar duit lebih banyak buat servis? Mending mulai deh kebiasaan baru ngisi bensin secara full-tank, biar motor lebih awet. Kalo motor awet, kan kita juga yang untung.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular