Follow Us

Ini Dia Foto Pertama di Dunia yang Dijepret Oleh Manusia pada Tahun 1826!

Fadli Adzani - Senin, 06 November 2017 | 09:15
Ilustrasi fotografi di abad 18
Fadli Adzani

Ilustrasi fotografi di abad 18

Hubungan antara fotografi dengan manusia sudah ada sejak awal abad ke-18, dimana segalanya serba analog dan hasilnya harus melalui beberapa proses agar dapat menghasilkan gambar yang jelas. Namun, itulah seni dari analog, nggak melulu setiap foto yang kita potret berhasil menunjukkan gambar dari apa yang kita potret.

Kalau sekarang ini, untuk mengambil foto sungguh gampang, kalau nggak mau ribet pake SLR, kita bisa foto pake smartphone kita yang sudah canggih., tinggal jepret, semuanya sudah terambil dengan jelas dan hasilnya pun HD alias jernih banget!

Namun, ketika kamera baru saja diciptakan pada awal abad ke-18, nggak gampang untuk kita mengambil foto, tidak semudah menjepret begitu saja, harus melalui beberapa tahapan.

Nah, HAI udah kurasi beberapa foto yang diambil oleh manusia untuk pertama kalinya dari awal abad ke-18. Ada yang gagal, dan ada yang berhasil. Yang pasti, gambarnya hitam dan putih, walau ada juga, sih, yang berwarna, namun jarang!

Yuk kita lihat fotonya di bawah ini!

Foto Pertama yang Dijepret oleh Manusia

Foto pertama yang dijepret oleh manusia
Foto pertama di dunia yang diambil oleh kamera dan dijepret oleh Joseph Nicephore Niepce pada tahun 1826 mengalami kegagalan. Foto ini diambil dari jendela atas dari rumah si Joseph di Perancis. Gambar ini diambil melalui proses bernama heliografi yang tentunya tidak menggunakan kertas foto, namun sebongkah besi. Namun sayangnya, cahaya telah merusak proses dari foto tersebut.

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest