Follow Us

Terungkap! Ini Dia Jumlah Gaji CEO Apple

- Kamis, 13 Juli 2017 | 09:24
Tim Cook
Hai Online

Tim Cook

Suka penasaran nggak, sih, berapa gaji CEO perusahaan besar di seluruh dunia? Kalo ada yang penasaran, HAI punya jawabannya, nih.

HAI mengutip informasi ini dari Kompas.com, jadi kita akan kepoin gaji dari salah satu CEO paling terkenal di dunia. Yap, dia adalah CEO Apple, Tim Cook menerima upah 8,75 juta dollar AS atau setara Rp 117,3 miliar sepanjang 2016 lalu.

Gede, yah? Eh tapi tau, nggak, ternyata angka segitu terhitung kecil di antara jejeran CEO 500 perusahaan dengan modal besar sedunia atau diistilahkan “S&P 500”.

Bahkan, Cook menempati posisi ketiga sebagai CEO S&P 500 dengan upah paling sedikit. Meski demikian, jangan buru-buru kasihan pada Cook karena nilai total yang ia terima tahun lalu sebenarnya tak sekecil itu. Wah, sebenernya, berapa, sih, gaji beliau?

Cook sejatinya menjadi CEO urutan pertama dengan penghasilan tertinggi sepanjang 2016. Apple memberikannya 145 juta dollar AS atau setara Rp 1,9 triliun, sebagaimana dilaporkan Bloomberg dan dihimpun KompasTekno, Sabtu (8/7).

Jika hanya dilihat dari gaji dan bonus, penghasilan Cook memang paling sedikit. Ia banyak mendapatkan tambahan dari saham pribadi yang diberikan Apple atau disebut vested stock.

Pada 2011 lalu ketika Cook didaulat sebagai CEO Apple, ia mendapatkan vested stock sebanyak 1,2 juta lembar yang nilainya 136 juta dollar AS atau Rp 1,8 triliun.

Saham Apple yang naik 78 persen dalam 36 bulan terakhir membuat vested stock Cook turut melejit. Sekitar seperlima dari total nilai vested stock itu dikembalikan dalam bentuk duit.

Dari penghitungan itulah didapati bahwa Cook menerima 136 jutaan dollar AS atau Rp 1,8 triliun dari vested stock. Nilai itu ditambah gaji dan bonus Rp 116,6 miliar dan tunjangan ratusan ribu dollar AS menghasilkan total pendapatan Rp 1,9 triliun.

Di bawah Cook, ada CEO Netflix Reed Hastings yang meraup penghasilan total 106 juta dollar AS atau Rp 1,4 triliun. Dari 25 CEO S&P 500 yang meraih pendapatan tertinggi, mayoritas berasal dari perusahaan teknologi berbasis Amerika Serikat.

Hmm…, ada yang punya cita-cita jadi CEO?

Artikel ini pertama kali ditayangkan di Kompas.com, dengan judul CEO Apple Paling Sejahtera, Terima Rp 1,9 Triliun Setahun

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest