Follow Us

Foto Putri Arab, Ameera Al Taweel, yang Viral Ternyata Hoax!

Alvin Bahar - Rabu, 01 Maret 2017 | 03:00
Benarkah ini Ameera Al Taweel?
Alvin Bahar

Benarkah ini Ameera Al Taweel?

Kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud ke Indonesia pada 1-9 Maret menimbulkan kehebohan di kalangan netizen Tanah Air. Bukan cuma rombongan Raja Salman yang memang "heboh" banget (total 1.500 orang!) ada hal viral lain terkait foto seorang cewek cantik. Foto putri Arab, Ameera Al Taweel, jadi viral di media sosial Indonesia.

Yang jadi masalah, benarkah itu foto Ameera Al Taweel?

Sebagian netizen Indonesia mengklaim bahwa cewek dalam foto viral itu adalah putri Raja Arab Saudi. Topik ini kemudian menyebar luas di medsos. Banyak pengguna yang percaya begitu saja.

KompasTekno mencoba menelusuri identitas sang cewek dalam foto dan menemukan bahwa dia sebenarnya bernama Ginni Kapoor dari India.

Pake Google Image Search

Buat yang belum tau, mesin pencari Google bisa dimanfaatkan untuk mengecek identitas orang dalam foto. Caranya gampang kok saja. Gunakan Google Image Search di alamat images.google.com, klik ikon kamera di kolom search, lalu upload atau masukkan alamat URL gambar terkait. Selengkapnya bisa disimak dalam video tutorial di laman berikut.

Kalo pake ekstensi untuk browser Chrome atau Firefox caranya lebih mudah lagi. Cukup klik kanan di konten gambar yang bersangkutan dan pilih opsi "Search Google for Image".

Algoritma mesin pencari Google pun secara otomatis akan mengenali subyek dalam foto, entah berupa lokasi atau dalam hal ini identitas orang, dan menampilkan hasil pencarian yang sesuai.

Dari sini bisa diketahui bahwa sang wanita cantik bukan "Putri dari Arab Saudi" seperti yang diklaim sebagian pengguna medsos Indonesia. Dia adalah Ginni Kapoor, seorang aktris dan model kelahiran Punjab, India, yang dikenal memiliki lesung pipit menawan.

Hasil pencarian Google Image Search turut menampilkan foto Kapoor dalam setting yang sama, tetapi dari angle berbeda, seperti bisa dilihat di bawah.

Terus, apakah ini berarti Arab Saudi nggak memiliki sosok putri? nggak juga. Meski sempat salah dikaitkan dengan foto Ginni Kapoor, putri Ameera al-Taweel dari Arab Saudi benar-benar ada. Yang jelas, fotonya bukan yang di atas ya...

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest