Follow Us

Main Game Tetris Bisa Bantu Bikin Badan Jadi Langsing?

Dimas Yulian - Selasa, 06 Desember 2016 | 05:00
Tetris bakal jadi film live-action
Dimas Yulian

Tetris bakal jadi film live-action

Buat kamu yang saat ini ngerasa punya masalah sama berat badan, ada kabar yang menyenangkan buat mengatasi masalah kamu tersebut. Kalo selama ini progam menurunkan berat badan identik dengan olahraga yang membutuhkan banyak tenaga. Ternyata ada cara asyik buat bantu kamu diet dan nurunin berat badan, yaitu dengan main game! Lho gimana caranya ya?

Main game ternyata nggak sekedar kegiatan buat refreshing dan menghabiskan waktu aja. Permainan game yang mengasah otak, ternyata dapat membantu menurunkan berat badan lho. Termasuk di antaranya game klasik menyusun balok yang biasa disebut Tetris.

Menurut pendapat sebagian psikolog, main game Tetris bisa menurunkan keinginan mengemil atau menyantap makanan berlemak. Hal ini senada dengan pendapat yang disampaikan oleh para peneliti yang mengatakan kalo bermain game yang mengasah otak selama 3 menit dapat menahan keinginan makan secara alami.

Hal ini diungkapkan oleh peneliti dari Plymouth University yang menagatakan game dapat berfungsi sebagai perusak dan pengalih perhatian seseorang. Sehingga, orang yang sedang bermain game nggak akan membayangkan cemilan, rokok, atau minuman beralkohol. Temuan ini sekaligus dapat digunakan sebagai cara buat mengatur keinginan makan, merokok, atau mengonsumsi alkohol pada orang yang sedang ingin diet atau melepaskan diri dari kecanduan.

Riset yang dilakukan sendiri, dipimpin oleh Jessica Skorka-Brown, Jackie Andrede, dan Jon May dari Cognition Institute. Dalam riset yang dilakukan tersebut, para peneliti meminta para relawan membuat rata-rata angka tentang seberapa kuat dan menggangu keinginan yang mereka rasakan. Setelah itu para relawan disiuruh buat bermain tetris selama 3 menit. Setengah dari responden yang terlibat memainkan game Tetris versi 1984.

Hasilnya, menurut Andrade, lamanya seseorang merasa lapar biasanya hanya berlangsung beberapa menit. Selama waktu tersebut, seseorang membayangkan apa yang diinginkan. Dan menjadi sangat menghargai saat hal tersebut menjadinyata. Akibatnya, seseorang menjadi lebih sering menyerah dan mengonsumsi hal yang seharusnya nggak boleh. Nah, keadaan ini yang bisa dicegah dengan bermain Game Tetris.

“Bermain game mencegah otak membayangkan berbagai asupan yang dilarang. Sehingga rasa ingin mengonsumsi bisa menjadi hilang,” kata Andrade.

Tetris sendiri merupakan game yang ditemukan oleh Alexey Pajitnov dari Soviet Union. Game ini telah terjual jutaan kopi di seluruh dunia dan menjadi fenomena saat masuk dalam Nintendo Gamboy pada tahun 1989.

Meskipun game bisa mengalihkan perhatian, dan bertahan pada pola makan sehat. Namun sebaiknya jangan memainkan game terlalu lama. Karena apa pun yang berlebihan pasti hasilnya menjadi kurang baik. Selamat mencoba dan bermain game dengan bijak ya!

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest