Follow Us

5 Hal Kecil ini, Bisa Berdampak Besar buat Lingkungan

- Jumat, 02 September 2016 | 16:30
makan usus apa mie?
Hai Online

makan usus apa mie?

Siapa bilang kalo peduli sama lingkungan itu harus melakukan hal-hal besar, kayak membuat mesin pengolah sampah sendiri atau bikin bahan bakar berupa kotoran ternak. Eits, tunggu dulu, untuk peduli sama lingkungan bisa dimulai dari hal-hal yang kecil dan sepele kok.

"Iya untuk peduli lingkungan bisa dimulai dari hal yang sepele dulu. Yang penting, niat kita untuk peduli sama lingkungan itu udah tertanam dalam diri," ungkap Bijaksana selaku Founder Greenerations saat ditemui di gelaran beasiswa SCG Sharing The DReams, pada (9/8) lalu.

Nah, berikut lima hal sepele yang bikin lo udah termasuk dalam kategori orang yang peduli sama lingkungan.

1. Penghematan listrik

Hal ini emang gaungnya udah lama disampaikan sama Perusahaan Listrik Negara (PLN), dan hal itu kudu kita lakukan lantaran listrik yang kita pakai, berpengaruh juga dengan biayanya. Jadi kalau kita hemat listrik, biaya untuk bayar listrik juga lebih dikit kan?

2. Makan harus dihabiskan Nggak sadar kan, kalau setiap sisa makanan yang nggak dihabiskan itu, menambah dari jumlah sampah rumah tangga yang kita hasilkan. Jelas hal ini berakibat buruk juga bagi lingkungan lantaran menambah pencemaran. Makanya, kita kudu tanggung jawab sama makanan. Nggak mau kan kalo makanan kita nangis lantaran nggak dimakan? Alah!

3. Diet kantong plastik Oke, Fungsi dari kantong plastik itu emang untuk menampung barang bawaan kita. Api, bukan rahasia umum lagi kalo plastik itu lama untuk terurai. Gampang, kok, untuk meminimalisir pemakaian kantong plastik, yaitu dengan cara membawa kantong plastik daei rumah. Bisa juga membuat kantong belanjaan sendiri seperti menggunakan kaos bekas. Nah, dengan diet palstik tersebut, lo juga bisa irit pengeluaran 200 rupiah juga kan?

4. Tanggung jawab sama sampah sendiri Maksudnya apa, tuh? Jadi setiap kemana pun atau kapan pun, kita pasti menghasilkan sampah. Entah itu berasal dari bungkus permen, makanan ringan, atau minuman yang kita bawa. Nah, dengan nggak buang sampah sembarangan, berarti lo udah tanggung jawab sama sampah lo sendiri.

5. Pilih Produk Ramah Lingkungan Nah, kalau ini hal sepele tapi dampaknya besar, lho. Bayangin aja, setiap produk ramah lingkungan itu banyak jenisnya, mulai dari penggunaan bahan daur ulang, tinta yang berasal dari biji kedelai, sampai uji coba yang nggak melibatkan hewan.

Jadi berapa banyak kebaikan besar yang dihasilkan dari hal yang kecil? (eko)

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest