Follow Us

Ini Kata Mendikbud Baru Soal Kurikulum Pendidikan Kita

Rizki Ramadan - Jumat, 29 Juli 2016 | 06:32
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.
Rizki Ramadan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.

Kalau lagi ngomongin pergantian menteri pendidikan, topik yang keluar pasti nggak jauh dari kelanjutan Kurikulum 2013. Pertanyaan muncul, bagaimana nasib kurikulum pendidikan kita. Sebagian pelajar ada yang khawatir menteri baru akan merancang kurikulum baru. Sebagian ada juga yang berharap ada revisi besar di kurikulum.

Namun, Muhadjir Effendy, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan baru, menyebutkan bahwa dirinya akan melanjutkan program sebelumnya.

“Saya tidak suka dengan perspektif bahwa menteri baru akan membawa aturan baru. Pendidikan bukan seperti lebaran yang setiap tahun harus dirayakan dengan baju baru. Kita harus konsisten dengan aturan yang ada. Dengan begitu, program menteri pendidikan sebelumnya, yaitu Bapak Anies Baswedan, akan berlanjut,” kata Muhadjir Effendy, Kamis (28/07) kepada Harian KOMPAS.

Secara khusus, Muhadjir juga menanggapi kekhawatiran publik tentang kelanjutan Kurikulum 2013 yang masih dalam tahap revisi dan pengembangan. Ia memastikan bahwa Kurikulum 2013 ini akan tetap diberlakukan.

“Banyak yang khawatir saya akan mengganti kurikulum. Kurikulum merupakan sesuatu yang memerlukan perencanaan matang, pelatihan yang tuntas, dan pelaksanaan yang baik. Kurikulum 2013 tetap diberlakukan dan akan terus dipantau perkembangannya oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdikbud,” kata mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest