Follow Us

Ini Alasan Kita Dilarang Bersiul Kalo Melihat Cewek

Alvin Bahar - Kamis, 28 Juli 2016 | 09:30
Ilustrasi
Alvin Bahar

Ilustrasi

Lagi nongkrong, terus ada cewek lewat, mulut pun rasanya ingin bersiul menggodanya. Eits, batalin niat itu. Ada alasan kenapa kita dilarang bersiul kalo melihat cewek.

Soalnya, bersiul itu udah masuk kekerasan seksual verbal lho. “Seperti halnya pemuda menggoda cewek di jalan dengan bersiul, ini merupakan satu langkah menuju kekerasan seksual,” pungkas Mariana Amirudin, Ketua Sub Komisi Partisipasi Masyarakat Komnas Perempuan kepada Kompas.com saat ditemui di Jakarta, Kamis (21/7) kemarin.

Ia juga menjelaskan bahwa hal ini sudah menjadi bagian budaya di Indonesia. Dengan bersiul atau menggoda, para cowok sudah mengobjektifikasikan tubuh cewek tersebut.

“Hal seperti itu sudah masuk dalam pelecehan. Kalo cewek berjalan sendiri bukan berarti orang boleh mengomentari atau merendahkan cewek,” tambahnya.

Ia melanjutkan, para pelaku kekerasan seksual ini, terutama remaja, sudah terbiasa untuk menggoda cewek. Padahal sebenarnya menggoda cewek di jalan saja sudah termasuk ke dalam pelecehan.

Seperti yang tertera pada hasil data survei Lentera Sintas Indonesia dan Magdalene.co, yang bekerja sama denan Change.org Indonesia, sebesar 46, 7 persen dari 12.812 responden cewek mengatakan pernah mengalami kekerasan seksual.

Kekerasan yang dialami para korban ini diantaranya adalah kekerasan verbal, fisik, pemaksaan melihat konten pornografi, intimidasi atau ancaman untuk melakukan aktivitas seksual, dan pemerkosaan.

source: Kompas.com

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest