Follow Us

Hati-hati Memilih Lokasi Tes SBMPTN! Begini Ketentuannya

Alvin Bahar - Senin, 25 April 2016 | 07:30
Tata Cara Mendaftar SBMPTN 2015
Alvin Bahar

Tata Cara Mendaftar SBMPTN 2015

Peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 diperkenankan memilih sebanyak-banyaknya tiga program studi. Tapi perlu diingat nih, para peserta harus cermat dalam memilih program studi yang berkaitan dengan lokasi tes SBMPTN.

Kalo peserta hanya memilih satu jurusan, maka ia bebas untuk tes SBMPTN di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) manapun. Tapi kalo milih dua atau lebih, ada ketentuannya.

"Bila memilih dua program studi atau lebih, maka salah satu pilihan program studi harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian,“ ujar Sekretaris Eksekutif Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof Sunardi.

Di SBMPTN 2016 ada tiga kelompok ujian, kelompok ujian Saintek, Soshum, atau campuran

Semua perserta akan diuji Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) yang terdiri dari Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Dan untuk kelompok Saintek, akan ada tambahan Tes Kemampuan Dasar Saintek yang terdiri atas Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

Untuk Soshum, selain TPA dan TKDU, para peserta juga akan menjalani Tes Kemampuan Dasar Soshum, yaitu Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Sedangkan mereka yang memilih jurusan campuran harus mengikuti ujian TPA, TKDU, TKD Saintek, dan TKD Soshum.

source: Tribunnews.com

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest