Follow Us

Begini Cara Membersihkan Sepatu yang Benar

Salman Achmad - Selasa, 15 Maret 2016 | 11:22
3 Tips Cara Merawat Sepatu yang Baik dan Benar
Salman Achmad

3 Tips Cara Merawat Sepatu yang Baik dan Benar

Selain baju yang kita pakai, sepatu juga bisa jadi fashion item yang bikin kita makin keren. Bahkan beberapa orang rela merogoh kocek yang dalam, demi mendapatkan sepatu yang diidamkan. Namun, berbanding terbalik dengan perawatan. Sebagian orang bisa membeli tapi nggak tahu cara membersihkan sepatu yang benar. Nggak jarang orang tersebut membersihkan sepatu dengan cara disikat. Padahal nggak semua sepatu itu disikat. Berikut tiga tips membersihkan sepatu yang benar.

1. Jangan Gunakan Deterjen

Banyak sebagian orang berpikiran penggunaan deterjen kepada sepatu itu boleh, karena mencuci pakaian pun kita menggunakan deterjen. Akan tetapi untuk sepatu sebenarnya nggak boleh, karena deterjen itu bersifat bahan kimia.

"Deterjen itu bisa mengikis warna dari sepatu yang kalian cuci. Lebih baik kalian beli sabun khusus sepatu yang bahanya natural dan aman digunakan berkali-kali tidak akan merusak warna sepatu," ujar Muhammad Imam Naufal CEO Lookwaxy, jasa pembersih sepatu.

2. Jangan Ditaruh Ditempat Lembap

Menaruh sepatu ditempat lembap akan merusak sepatu. Apabila kalian habis membersihkan sepatu, ada baiknya taruh ditempat yang khusus dan usahakan tidak lembap. Sebaiknya menaruh sepatu di dalam plastik , taruh silica gel di dalam sol sepatu, supaya dapat menyerap lembap ditempat-tempat yang sulit diserap kelembapanya.

"Dan satu hal yang harus diperhatikan, bahwa setiap kali ada kotoran harus kalian cepat-cepat bersihin. Karena kalau kalian diemin itu lebih cepat mengundang jamur di sepatu kalian," kata pria berusia 19 tahun tersebut.

3. Jangan Menjemur Langsung di Bawah Sinar Matahari

Menjemur sepatu sehabis kalian bersihkan tidak baik langsung terkena sinar matahari, sinar matahari yang mengandung kadar panas. Boleh saja terkenan sinar panas, akan tetapi jangan langsung terkena matahari, karena dapat mengikis warna dari sepatu tersebut.

"Boleh untuk dijemur terkena panas asalkan tidak direct terkena matahari karena dapat menghilangkan warna sepatu itu sendiri," Imbuh Muhammad Imam.

Nah, kalau sudah menganggap sepatu sebagai belahan jiwa kalian, harus dirawat baik-baik, bro. Karena yang namanya belahan jiwa tidak biarkan dikotor dan terbengkalai begitu saja. Hehee.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest