Di ajang Social Media Week yang diadakan minggu lalu di Jakarta, Chief Marketing Officer akun Instagram Dagelan, Danny Syah Aryaputra berbagi tips tentang bagaimana cara membuat konten menjadi viral.
Kekuatan konten viral saat ini memang sedang banyak dilirik oleh pemegang brand untuk menyebarkan produknya. Nggak jarang mereka melakukan endorsement suatu akun tertentu yang memiliki jumah follower banyak, dengan harapan brand miliknya dilihat secara lebih luas.
Nah, salah satu cara untuk memiliki follower banyak ini adalah dengan membuat akun yang memiliki konten-konten yang bisa dibagikan dengan mudah.
"Kalau mau viral, suatu konten harus shareable (menggelitik untuk dibagikan), kalau nggak ya mereka nggak ada will to share-nya," kata Danny.
Nah, bagaimana membuat konten yang shareable ini? Danny pun menjelaskan formulanya.
source: Nextren
1. Sederhana
Yang pertama menurutnya konten itu harus sederhana, nggak njelimet. Ia pun mencontohkan meme "Sudah Kuduga" yang sempat heboh dengan berbagai variasinya, bahkan membuat sang tokoh di foto tersebut diwawancarai di sebuah stasiun televisi swasta.
2. Mudah dan cepat dishare
Konten juga harus mudah dan cepat dibagi di media sosial. Semakin banyak channel atau influencer yang membagikan konten tersebut, maka besar pula kemungkinan konten tersebut untuk menjadi viral.