Follow Us

Serba-serbi Kuliah Di Prancis: Salah Satunya, Bikin Shock!

- Selasa, 23 Februari 2016 | 11:44
Enaknya kuliah sambil jalan-jalan!
Hai Online

Enaknya kuliah sambil jalan-jalan!

Di Prancis, perkuliahan itu dimulai pada September atau Oktober dan selesai pada Mei-Juni. Nggak jauh beda sama Indonesia. Di tingkat sarjana ada dua jalur yang bisa kita kejar, pertama, Licence, yang berorientasi pada lanjutan ke tingkat master, dan Licence Professionnelle yang berorientasi pada kerja profesional.

Namanya kuliah di luar negeri, kesulitan yang harus lo hadapi mestinya cukup banyak, nih. Termasuk, proses adaptasi yang emang lumayan menantang.

“Awalnya aku agak shock, karena profnya ngomongnya cepet banget! Sampe nggak ngerti maksud profnya apa, alhamdulillah pelan-pelan udah mulai terbiasa,” kata Delfira Ajeng Prastiya alias Fira, mahasiswi yang lagi kuliah S1 di Prancis.

Soal tugas, Fira, sih ngaku sama dengan di Indonesia, “Bedanya ya di sini pake bahasa Prancis aja. Dan asiknya tuh kalau kerja kelompok, soalnya kalo nggak ngerti maksudnya apa, temen-temen aku bisa bantu. Di angkatan aku yang orang asing cuma berdua, sisanya orang Perancis semua.” lanjut lulusan SMA HighScope Jakarta ini.

Cobaan dari segi cuaca juga nggak ketinggalan nih. Kalau pas musim dingin, bisa-bisa cuacanya bakal bikin mager, deh!

“Biasanya yang bikin mager itu cuaca, apalagi musim winter. Kalo dapet masuk kelas yang jam 8 itu di luar masih gelap dan dingin banget-bangetan.” imbuh cewek yang doyan baca buku ini.

Well, sebagai negara yang punya bahasa romantis *katanya sih gitu, sob*, dengan kuliah di Prancis, lo tentunya bakal diharuskan bisa bahasa Prancis. Dan, kemampuan ini bakal jadi nilai plus banget buat lo. Bisa dipake buat deketin cewek Prancis, atau malah buat ngerayu gebetan lo di Indonesia. Hehe.

Terus, sebagai tujuan wisata, Prancis juga punya akses yang memudahkan lo buat pergi liburan ke negara Eropa lainnya. Bisa ke Jerman, atau pun Belanda. Seru, kan?

“Keuntungannya banyak banget (kuliah di Prancis). Belajar culture orang sini, aku jadi lebih mandiri, terus kalau lagi liburan bisa keliling ke mana-mana, dengan harga yang nggak begitu mahal.” tandas mahasiswi jurusan Fashion Marketing di Supdemod Fashion Design and Business School, Lyon, Prancis, ini.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest