Follow Us

5 Cara Bikin Bisnis Lo Beredar Ke Mana-Mana

- Kamis, 11 Februari 2016 | 11:22
Booth Hey Banana, Rame!
Hai Online

Booth Hey Banana, Rame!

Sekarang udah rame banget anak muda yang mulai bikin bisnis. Hebatnya, dalam kurun waktu kurang dari satu tahun, bisnis-bisnis ini nggak sedikit yang udah mulai ‘bercabang’. Entah mereka emang punya cabang yang dikelola sendiri, atau pun bikin franchise.

Namanya franchise, ownernya tentu beda sama owner pusat. Tapi, produk dan kualitasnya tentu harus sama. So, sebagai pemilik utama, tentu kita harus tau kiat-kiat buka franchise. Nah, dari owner bisnis frozen banana yang udah cukup ternama, ‘Hey Banana’, HAI udah menggali 5 cara buat bikin dan mengelola franchise. Check this out, brother!

Kuasai Dulu Semuanya

Menurut cewek yang jalanin usaha bareng pacarnya ini, penguasaan penuh akan seluk beluk produk kita sendiri itu penting banget.

“Pertama-tama, kita harus kuasain dulu segala jenis kebutuhan, dan teknik pembuatan produknya. Pastiin juga kalau kualitas dari pusatnya, alias dari kita, udah top banget.” ujar cewek lulusan Universitas Pelita Harapan ini.

Hitung Menghitung Biar Untung

Kalau berbisnis, wajib hukumnya buat melakukan perhitungan. Salah-salah hitung dan memperkirakan, bisa-bisa malah bangkrut.

“Kita harus buat perhitungan yang pas. Dari modal, profit, sampai perhitungan Return of Investmentnya harus pas. Jangan sampai kitanya, atau mereka yang buka franchisenya merugi.”

FYI aja, untung yang didapatkan Hey Banana dari cabang franchisenya adalah dari penjualan bahan baku. Jadi, Hey Banana udah menyediakan semuanya, dari booth, freezer, sampai bahan baku, termasuk toppingnya. Jadi, pihak franchise tinggal beli bahan baku, sementara untung penjualan produknya bisa langsung dikantongin.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest