Follow Us

Awas, Jangan Buka Link Ini di Smartphone!

Alvin Bahar - Kamis, 28 Januari 2016 | 06:15
Crashsafari
Alvin Bahar

Crashsafari

Awas, jangan buka link ini di smartphone! Jagat internet awal minggu ini diramaikan peredaran sebuah tautan (link) yang bisa membuat crash browser smartphone.

Begitu link bernama “crashsafari.com” itu dibuka, kolom alamat di peramban akan dipenuhi ribuan karakter secara terus menerus.

Setelah lebih kurang 20 detik, browser Safari di iPhone dan Chrome di Android pun bisa gagal berfungsi, sementara ponsel yang bersangkutan menjadi panas dan pelan.

Seperti dirangkum Nextren dari The Guardian, Selasa (26/1/2016), komputer desktop dan laptop pun bisa terdampak, tergantung besarnya memori dan alokasi prosesor yang tersedia.

Crashsafari.com sendiri diduga memang berisi script untuk memunculkan string karakter yang jumlahnya semakin lama semakin banyak sehingga tak mampu ditangani browser.

Beberapa pengguna media sosial iseng meyebarkan link ini yang disamarkan dengan URL shortener. Salah satunya bahkan telah di-klik sebanyak lebih dari 100 ribu kali.

Terus gimana cara mengatasinya? Sebenarnya gampang aja kok. Cukup lakukan reboot, dan perangkat pun akan kembali normal.

Baca Juga

10 Mitos Keliru Soal Baterai Smartphone

Cara Membuat Baterai iPhone Tahan Seminggu!

Daftar Aplikasi Boros Baterai di Android

source: Nextren

Editor : Alvin Bahar

Latest