Follow Us

Kata Broods Soal Layanan Music Streaming

Alvin Bahar - Senin, 23 November 2015 | 03:15
Broods
Alvin Bahar

Broods

Mau tau pendapat Broods soal layanan music streaming?

Yap, dunia digital nyatanya belum mau bersahabat dengan para musisi. Berkembangnya layanan streaming musik online nyatanya belum bisa diterima secara luas, baik sang pelaku industri musik maupun penikmatnya.

Usai Taylor Swift yang bikin heboh dunia usai menarik seluruh albumnya di Spotify, kini giliran Adele. Pelantun Hello ini menolak buat menaruh seluruh materi album terbarunya, 25 di semua layanan streaming musik.

Kecilnya royalti yang diterima para musisi jadi alasan mengapa nama-nama besar seperti Adele, Beyonce hingga Taylor Swift mundur dari music streaming. Namun, di sisi lain, rilisan fisik mulai ditinggalkan para pecinta musik seiring dengan majunya industri digital, sedangkan budaya download legal belum sepenuhnya berjalan.

Sikap tegas yang diambil para nama besar lantas membuat musisi kecil bimbang. Mereka jelas butuh mencari popularitas instan lewat dunia maya, seperti layanan musik streaming, tetapi mereka juga ingin karya mereka diwujudkan dalam butuh fisik.

Namun, hal tersebut kayaknya nggak berpengaruh sama Broods. Duo electropop asal Selandia Baru ini malah menganggap mereka terlalu kecil buat bersuara lantang seperti Swift maupun Adele.

"Saya rasa kami belum terlalu besar buat memiliki prinsip seperti itu" ucap Caleb.

"Aku bisa mengerti mengapa nggak mau karyanya ditampilin melalui streaming musik karena mereka mungkin berpikir ini adalah karya seni yang harus ditampilkan secara nyata. Tetapi kalau kamu tiba-tiba memutuskan buat mencabut semua karyamu seperti itu hanya karena masalah finansial, mungkin sebagian orang bakal kecewa sih," tegas sang vokalis, Georgia.

Namun, pelantun Bridges ini menyadari jika dilihat dari sisi pendapatan sang artis, music streaming bukan jadi jalan keluar yang mengaysikan. Meski sekarang, jutaan musisi di dunia berlomba buat pamer konten.

"Tapi benar kalau penghasilan yang didapat musisi dari layanan streaming nggak terlalu banyak. Saya mungkin nggak bisa berbicara banyak karena mungkin bisa saja saya salah," tambah Caleb.

Pada akhirnya, waktu yang bisa memisahkan keduanya. Apakah musik akan jatuh ke dunia digital lewat music streaming sepenuhnya atau rilisan fisik beserta dowhload digital yang akan ambil kuasa? We'll see

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest